Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Sosialisasi Security Awareness

Sosialisasi Security Awareness

 

Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah telah melaksanakan Sosialisasi Security Awareness yang dihadiri oleh pejabat dan pegawai Kanwil dan KPPN Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan secara hybrid pada hari Kamis tanggal 31 Agustus 2023  di ruang Sinergi Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah Jawa Tengah. Kegiatan Sosialisasi Security Awareness dibuka oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah yang menyampaikan beberapa hal terkait pentingnya manajemen keamanan informasi terkini :

  1. Seiring dengan pertumbuhan pengguna internet dunia yang saat ini mencapai di atas 5 milyar pada tahun 2023, tumbuh pula tantangan baru dalam pengelolaan sains data dan informasi, yaitu terkait keamanan siber.
  2. Ancaman serangan siber ini juga melanda Kementerian Keuangan sebagai pengelola keuangan negara. Berdasarkan data Tools Monitoring di SOC, pada Tahun 2021 di Kementerian Keuangan terjadi serangan siber berupa percobaan sebanyak 3,86 juta kali dengan rincian percobaan malware sebanyak 2,12 juta kali dan percobaan instrusi sebanyak 1,74 juta kali. Jumlah frekuensi serangan yang tidak bisa dianggap enteng.
  3. Dalam rangka menangkal serangan inilah security awareness menjadi vital untuk diperkuat, sehingga pengetahuan perihal pentingnya menutup celah kebocoran informasi semakin meningkat dan kesadaran akan keamanan informasipun melekat di setiap pengguna maupun penanggung jawab informasi.
  4. Security awareness merupakan suatu proses yang ber Jadi, tidak cukup dilakukan secara semesteran atau merupakan kegiatan tahunan, melainkan harus terus dijalankan dan dipraktekkan dalam setiap menjalankan aktivitas sehari-hari. Dengan Security awareness yang mengkristal, menjadi sikap dan perilaku keseharian organisasi dalam rangka melindungi aset informasi.

Dengan kegiatan sosialisasi Security Awareness pegawai mendapatkan informasi tentang perkembangan ancaman terkini terhadap teknologi informasi sehinga meningkatkan kesadaran informasi atau security awareness, sehingga pegawai menjadi waspada dan siaga apabila ada serangan malware atau ransomware. Pemahaman  security awareness yang baik diharapkan akan meningkatkan kekebalan dan keamanan informasi di lingkungan Kementerian Keuangan umumnya dan pegawai Kanwil/KPPN lingkup DJPB Provinsi Jawa Tengah khususnya.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN