Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

In House Training “Penguatan Kapasitas Pelaksanaan Tugas Kepatuhan Internal”

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan In House Training Kegiatan Penguatan Pelaksanaan Tugas Kepatuhan Internal Lingkup Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah secara luring pada hari Senin-Selasa, 4-5 Maret 2024  bertempat di Ruang Rapat  Sinergi Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah Lantai III.

Kegiatan dibuka oleh Bapak Muhdi Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah. Pada sambutannya antara lain Beliau menyampaikan bahwa mindset adalah hal yang utama untuk membenahi tata kelola yang lebih baik sehingga MSKI dan Vera KI merupakan garda terdepan dalam menjaga integritas, perspektifnya tidak hanya keluar namun juga ke dalam, karena kita mempunyai anggaran. Aspek integritas tidak semata-mata terkait dengan uang, namun pada banyak aspek, bisa terkait dengan perilaku dan  etika. Keberhasilan seseorang dalam bekerja tidak terlepas bagaimana internal orang tersebut dalam membangun keluarga. Karena di sana juga terdapat integritas, sehingga konsepsinya semua pegawai, tidak hanya di leadernya saja, yang harus menjadi contoh (tone at the top/walk the talk). Berbagai kegiatan, seperti bintal dan inovasi-inovasi  di KPPN dan di Kanwil seperti “Petik Gitar” dan lainnya yang pada ujungnya adalah penguatan integritas, sehingga diharapkan tidak terjadi pelanggaran yang berakhir pada hukuman (punishment). 

Membangun budaya sadar risiko pada seluruh elemen unit kerja, melakukan kegiatan penguatan integritas secara nyata dan konsisten, internalisasi ketentuan disiplin/kode etik pegawai dan nilai-nilai Kementerian Keuangan, aktif berinovasi dalam pemberian layanan, melakukan identifikasi dan mitigasi titik rawan pengaduan secara nyata dan konsisten, menjaga dan membina harmonisasi pelaksanaan tugas pada unit kerja merupakan langkah-langkah mitigasi untuk menjaga konsistensi dan meningkatkan integritas unit kerja. Mengakhiri sambutannya Bapak Kanwil menyampaikan bahwa hubungan yang baik dan harmonis, kolaborasi dengan semua pegawai di kantor terbina dengan baik merupakan awal untuk menjadi juara.

Peserta kegiatan adalah para kepala seksi MSKI/VeraKI dan staff pengelola kepatuhan internal pada KPPN Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah serta Liaison Officer (LO) kinerja dan Kepegawaian pada Bagian/Bidang Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah. Bertindak sebagai nara sumber adalah Bapak Adnan Ginanjar S. dan Dwi Darmanto dari Bagian Kepatuhan Internal Sekretariat Ditjen Perbendaharaan.

Selanjutnya sebagai rangkaian acara dilakukan paparan dan diskusi terkait pelaksanaan tugas kepatuhan internal dengan materi : pemantauan pengendalian internal, kode etik, pengendalian gratifikasi, benturan kepentingan, pengeloaan pengaduan dan pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket).

Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar, para peserta mengikuti dengan antusias. Kegiatan ditutup oleh Bapak Herkwin Kepala Bidang Supervisi KPPN dan Kepatuhan Internal Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN