Ternate-djpbn.kemenkeu.go.id/kppn/ternate/id, Indeks Kepuasaan Satker terhadap Layanan KPPN Ternate diperoleh nilai capaian 4,55 (indeks puas) dari target sebesar 4,12 yang telah ditetapkan di Kontrak Kinerja Kemenkeu-Three KPPN Ternate.
Foto 1-Kepala Kantor KPPN Ternate membuka acara Service Excellent dalam rangka peningkatan kualitas SDM
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala KPPN Ternate, Toding Luther, saat memberikan kata sambutan dalam Kegiatan Service Excellence Tahun 2018 KPPN Ternate (30/4). Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka peningkatan kualitas SDM KPPN Ternate terkait dalam pemberian layanan prima terhadap stakeholders.
Di dalam Kontrak Kinerja Kemenkeu-Three KPPN Ternate Tahun 2018, Indeks Kepuasaan Satker terhadap Layanan KPPN Ternate ditarget indeks dengan nilai 4,52 (puas). “Target ini naik sebesar 0,4 dibandingkan dengan tahun 2017, untuk itu diperlukan tekad seluruh personil KPPN Ternate dalam memberikan layanan prima terhadap stakeholder. Apalagi, KPPN Ternate telah medapatkan sertifikat ISO 9001:2008” ujar Toding.
Toding menambahkan, menyampaikan tujuan pelaksanaan pelatihan Service Excellence tersebut adalah peningkatan kemampuan dan kompetensi seluruh pegawai dan karyawan dalam memberikan pelayanan kepada para stakeholder sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, serta untuk meningkatkan performa kinerja organisasi dengan berbagai inovasi dan layanan stakeholder. “Saya yakin kita mampu untuk memberikan layanan terbaik sebagai wujud komitmen pelaksanaan nilai Kementerian Keuangan yaitu Nilai Pelayanan!” pungkas Toding.
Foto 2-Narasumber menyampaikan materi Service Excellent kepada para pegawai KPPN Ternate
Narasumber kegiatan Service Excellence tersebut langsung dibawakan oleh Kepala Cabang Bank Mandiri Ternate, Suharyanto. Setelah penyampaian materi, Suharyanto melanjutkan dengan Role Play pelaksanaan service excellence di tiap-tiap posisi, seperti Satpam (Security), Custumer Service (CS), Front Office (FO). Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh para pegawai KPPN Ternate sebagai sarana untuk menambah wawasan dan berdiskusi tentang bagaimana memberikan pelayanan prima kepada para stakeholder. Kegiatan tersebut diakhiri dengan kegiatan foto bersama dan santap malam bersama. Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan para pegawai senantiasa dapat meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan prima dan senantiasa meningkatkan semangat dalam bekerja.
Affandi Pattangai-Kontributor KPPN Ternate