JALAN SOLO KM 8.6 NAYAN, MAGUWOHARJO, DEPOK,SLEMAN, YOGYAKARTA

KODE  POS :  55282

Tingkatkan Kualitas Kajian Fiskal Regional, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY Selenggarakan In House Training (IHT)

Yogyakarta, 7 Juni 2021

 

Yogyakarta, 7 Juni 2021. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY menyelenggarakan kegiatan In House Training (IHT) Analisis Kuantitatif dan Kualitatif Data Pada Laporan/Kajian/Reviu secara hybrid (online dan offline) selama 2 hari, tanggal 2 dan 3 Juni 2021.

 

Kegiatan ini  merupakan salah satu upaya Kanwil DJPb DIY dalam rangka meningkatkan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan SDM Kanwil dalam hal analisis data baik secara kuantitatif maupun kualitatif, sehingga pada akhirnya dapat mempertajam analisis dalam penyusunan Kajian/Laporan/Reviu. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan IHT tersebut Tommi Helmiwan, Febrian Yalisman dan Risky Utama dari Direktorat Pelaksanaan Anggaran (PA) serta Amri Anjas Asmara dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

 

Kepala Kanwil DJPb DIY dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II, Arvi Risnawati,  mengatakan bahwa sebagai representasi Kementerian Keuangan sebagai Pengelola Fiskal di daerah, dan sebagai Regional Chief Economist, salah satu fungsi Kanwil DJPb adalah fungsi Pelaksanaan  Anggaran dimana selain melaksanakan pembinaan, monitoring, dan evaluasi, Kanwil DJPb juga menyusun kajian dengan output stategis di bidang pelaksanaan anggaran.  Termasuk didalamnya Kajian Fiskal Regional. Lebih lanjut, Arvi mengemukakan bahwa penyusunan kajian/reviu serta analisis data tidak hanya dilaksanakan pada KFR saja, tapi juga pada laporan/reviu lainnya, misalnya  Reviu Pelaksanaan Anggaran, maka untuk meningkatkan  kualitas KFR, RPA dan Laporan/Kajian lainnya dan terutama untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan SDM Kanwil dalam hal analisis data. “Harapan saya, dengan mengikuti In House Training (IHT) ini, selain me-refresh kembali ilmu pengetahuan yang sudah pernah didapat, juga dapat  sharing knowledge  dengan para narasumber, sehingga semua peserta mengerti dan memahami serta dapat diterapkan dalam penyusunan kajian maupun reviu ke depan” ujar Arvi.

 

Materi di hari pertama diberikan oleh para narasumber dari Direktorat PA, meliputi Dasar-dasar Statistik dan Alat Analisisnya, Jenis Laporan dan Data yang Digunakan Kanwil DJPb serta Tool Analisis dan Metode Pengolahan Data. Disela materi paparannya, Tommi Helmiwan menekankan optimalisasi peran Kanwil DJPb dalam mendukung akselerasi perekonomian regional.

 

Selanjutnya, sebagai pemateri terakhir, Amri Anjas Asmara, mengajarkan analisis dan interpretasi Data Hasil Survey. Amri mengatakan bahwa memahami jenis tabulasi data survey, merupakan hal yang sangat penting untuk proses pemilihan analisis kuantitati dan interpretasi data. Pada kesempatan ini, Amri juga memaparkan materi terkait Metode Evaluasi Dampak Program Intervensi.  Evaluasi dampak adalah salah satu jenis evaluasi yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan sebab-akibat dari penerapan kebijakan, dengan fokus pada perubahan yang secara langsung dikaitkan dengan program, modalitas program atau desain inovasi.

 

Lebih lanjut Amri menerangkan beberapa Teknik yang lazim digunakan dalam evaluasi dampak, antara lain Simple Difference, Pre-and-Post (Before-and After), Difference-in-Difference serta menyampaikan contoh Teknik Simple Difference sebelum menyudahi paparannya.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 IKUTI KAMI

 PENGADUAN

 

Search