JALAN SOLO KM 8.6 NAYAN, MAGUWOHARJO, DEPOK,SLEMAN, YOGYAKARTA

KODE  POS :  55282

Menjaring Aspirasi Menuju Pengelolaan PNBP & Belanja Yang Berkualitas

Yogyakarta, 15 Desember 2022

 

Kebijakan penganggaran dan pelaksanaan anggaran berubah secara dinamis yang dapat berdampak kepada kualitas eksekusi belanja oleh satuan kerja. Begitu juga, pengaturan terbaru di bidang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang telah ditetapkan dan perlu disampaikan kepada satker sebagai unit teknis instansi pengelola PNBP. Sebaliknya, satker kerap menemui kendala dalam merespons kebijakan  untuk diterapkan pada fase pelaksanaan anggaran mewujudkan belanja yang berkualitas.

Untuk menuju pengelolaan PNBP dan belanja yang berkualitas, Direktorat Jenderal Anggaran berkerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) DJPb Provinsi D.I. Yogyakarta (DIY), KPPN Tipe A1 Yogyakarta, dan Sekretariat Perwakilan Kementerian Keuangan menyelenggarakan kegiatan DJA Mendengar. Rangkaian kegiatan diawali dengan diskusi DJA-DJPb di Kanwil DJPb DIY untuk membahas strategi mengoptimalkan PNBP dan belanja dari segi kebijakan serta peran masing-masing Direktorat PNBP Kementerian/Lembaga (K/L), Direktorat Pelaksanaan Anggaran, Direktorat Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, dan Kantor Wilayah DJPb.

Acara ditutup dengan diskusi “DJA Mendengar” yang diselenggarakan secara hybrid melalui tatap muka pada hari Kamis, 15 Desember 2022 pukul 13.30 s.d selesai dengan dihadiri perwakilan dari 13 satker mitra kerja Kanwil DJPb DIY, Biro Perencanaan dan Keuangan dari 3 (tiga) K/L bertempat di Gedung Keuangan Negara Provinsi DIY dan dalam jaringan yang diikuti oleh sekurangnya 100 peserta.

Dalam pengantarnya pada kegiatan diskusi “DJA Mendengar”, Kepala Kanwil DJPb Provinsi DIY, Arif Wibawa menyampaikan total realisasi belanja Kementerian/Lembaga di DIY s.d November 2022 mencapai Rp9,73 Triliun atau 79,02% dari total pagu belanja. Capaian tersebut menurun 1,69 persen (yoy). Demikian juga, total realisasi penerimaan PNBP di DIY s.d November menurun 0,71 persen (yoy) meskipun mampu mencapai 170,70% dari target penerimaan atau terealisasi Rp392,04 miliar. Sebagai pemulaan diskusi, Kepala Kanwil DJPb DIY mengutarakan kendala pelaksanaan anggaran selama tahun 2022 antara lain dari sisi penganggaran berupa penerapan blokir automatic adjustment atas kegiatan yang ditandai sebagai Prioritas Nasional.

Acara diskusi dipandu oleh moderator Kepala Seksi Penyusunan Anggaran Belanja Barang, DJA, Evi Subardi. Peserta kegiatan antusias menyampaikan pertanyaan dan pernyataan yang dijawab dan ditanggapi langsung oleh Direktur PNBP K/L, Direktur Anggaran Bidang Ekonomi dan Kemaritiman, Direktur Pelaksanaan Anggaran, Direktur Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, Direktur Anggaran Bidang Politik, Hukum, Keamanan dan BA BUN yang bertindak sebagai narasumber.

 

#Kemenkeusatu

#DJAMendengar

#DJPbHandal

#DJPbDIY

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 IKUTI KAMI

 PENGADUAN

 

Search