JALAN SOLO KM 8.6 NAYAN, MAGUWOHARJO, DEPOK,SLEMAN, YOGYAKARTA

KODE  POS :  55282

Dorong Kualitas Pelaksanaan Anggaran Satker, Kanwil DJPb DIY Gelar Forum Diskusi Kamis Pahingan "Refreshment Tata Cara Revisi dan Evaluasi IKPA 2023"

Yogyakarta, 11 Januari 2024

 

Halo Sobat #Intress,
 
Mengawali tahun 2024, Kanwil DJPb DIY menggelar Forum Diskusi Kamis Pahingan bertemakan “Refreshment Tata Cara Revisi dan Evaluasi IKPA 2023” secara daring (11/1).
 
Dalam sambutan pembukaan kegiatan tersebut, Kepala Kanwil DJPb DIY, Agung Yulianta, menyatakan bahwa menjadi kewajiban bersama sebagai pengelola keuangan untuk menghadirkan belanja yang berkualitas, yaitu belanja yang dieksekusi sesuai dengan perencanaannya dan menghasilkan output yang memberikan outcomes yang optimal bagi kemakmuran rakyat. Revisi menjadi salah satu tools yang dibutuhkan satuan kerja dalam rangka Let The Manager Manage, yaitu para KPA mempunyai fleksibilitas dalam mengelola dana DIPA untuk capaian yang optimal.
 
Selanjutnya untuk mengetahui kualitas belanja satuan kerja, dapat diukur melalui IKPA (Indikator Pelaksanaan Anggaran), yang mensyaratkan tiga aspek, yaitu kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran dan kualitas hasil pelaksanaan anggaran. Kegiatan Kamis Pahingan yang dilaksanakan secara daring dan dihadiri seluruh satuan kerja di wilayah Kanwil DJPb DIY tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan memotivasi satker untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran.
 
Dalam sesi pemaparan pertama, Kepala Bidang PPA I, Asri Isbandiyah Hadi menyampaikan terkait revisi kewenangan yang menjadi kewenangan DJPb yang diatur melalui Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-9/PB/2023. Terdapat beberapa pengaturan baru sejalan dengan terbitnya PMK Nomor 62 Tahun 2023, antara lain terkait pelimpahan kewenangan revisi ke K/L dengan Pengesahan DJPb, Penyelesaian tunggakan pada DJPb menjadi Tahun-Tahun Anggaran sebelumnya dalam 1 (satu) Program, dan antar satker Badan Layanan Umum.
Lebih lanjut dijelaskan terkait teknis revisi anggaran pada sistem SAKTI oleh Prodho Praharanto, mulai dari perekaman usulan revisi pada pengguna level operator satker sampai dengan approval oleh KPA.
 
Sesi pemaparan kedua disampaikan terkait tantangan strategis dan upaya peningkatan IKPA TA 2024 oleh narasumber Kepala Seksi PPA I B, Widyastuti Puji Lestari. Upaya yang perlu dilaksanakan oleh satuan kerja adalah dengan memedomani langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran tahun 2023, menjadikan IKPA sebagai Indikator Kinerja Utama (IKU), melaksanakan pemantauan dan evaluasi capaian IKPA secara periodik, dan agar para KPA di lingkungan K/L untuk lebih meningkatkan perhatian dalam mengawal kinerja pelaksanaan anggaran.
 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 IKUTI KAMI

 PENGADUAN

 

Search