Buletin PASKAL JABAR

Profil APBN dan Analisis Kinerja Fiskal Jawa Barat

Buletin PASKAL JABAR Edisi Triwulan I Tahun 2023

Dalam edisi perdana kali ini, Buletin PASKAL JABAR membahas mengenai refleksi perekonomian yang dilihat melalui survei harga produk-produk komoditas di pasar tradisional yang ada di Kota Bandung, yaitu Pasar Kosambi, Pasar Cihapit, dan Pasar Cihaur Geulis. Kemudian ada pula artikel terkait pelaksanaan Bazar UMKM yang diselenggarakan oleh Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat pada tanggal 5 Maret 2023 dalam rangka menyambut Hari Bakti Perbendaharaan ke-19.

Perbedaan data antara Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) dengan data aktual di Pemda menyebabkan disparitas data dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Hal ini menjadi sorotan dalam salah satu artikel berjudul 'Disparitas Data LKPD'. Berikutnya juga terdapat perkembangan kinerja fiskal dan ekonomi makro Provinsi Jawa Barat selama periode triwulan I tahun 2023.

Bagaimana kisah asmara rumit yang terjadi antarrekan kerja yang berada dalam satu kantor? Kisahnya bisa dibaca pada cerpen berjudul 'Teman Sebelahku Bukan Jodohku'. Tak lupa di rubrik Ruang Kita, kami juga menyajikan fotografi seputar Museum Perbendaharaan yang berlokasi di Gedung Dwi Warna, Kota Bandung—lokasi Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat. lalu ada juga rubrik Jelajah Pasundan yang pada edisi perdana kali ini membahas seputar toponimi—cabang ilmu yang membahas asal usul nama sebuah tempat—kelurahan Sukamiskin, yang ternyata jauh dari gambaran masyarakat yang 'suka miskin'.

 

Silakan klik gambar berikut untuk mengunduh Buletin PASKAL JABAR:

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search