Buletin PASKAL JABAR

Profil APBN dan Analisis Kinerja Fiskal Jawa Barat

Buletin PASKAL JABAR Edisi Triwulan I Tahun 2024

Buletin PASKAL JABAR (Profil APBN dan Analisis Kinerja Fiskal Jawa Barat) edisi Triwulan I Tahun 2024 telah terbit!

Dalam edisi ini, kami menyajikan artikel singkat dalam Rubrik Baraya (Bahasan Utama Terpercaya) yang membahas tingkat inflasi di Jawa Barat. Inflasi adalah fenomena kompleks yang memiliki berbagai penyebab dan dampak. Memahami inflasi serta metode pengukurannya menjadi penting bagi pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat agar dapat mengambil kebijakan yang tepat dalam mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas ekonomi.

Selanjutnya, dalam Rubrik Selasar (Seputar Ekonomi dan Kinerja Fiskal Jawa Barat), kami mengulas perkembangan fiskal dan ekonomi makro Jawa Barat hingga 31 Maret 2024. Kabar baiknya, Realisasi APBN Regional Jawa Barat hingga akhir Maret 2024 menunjukkan surplus sebesar Rp4,96 triliun, dengan total pendapatan mencapai Rp35,61 triliun (meningkat sebesar 21,77 persen) dan total belanja sebesar Rp30,65 triliun (naik 25,51 persen).

Rubrik Ruang Kita mengulas kisah "Aku adalah Perempuan yang Dididik oleh Ibu", hobi "Mengoleksi Buku, Mengabadikan Ilmu", dan puisi "Ketika Rasa itu, Kecewa...".

Pada Rubrik Pojok Pengetahuan, kami membahas tentang Revolusi Kerja Fleksibel di Kementerian Keuangan: Membangun Masa Depan yang Lebih Dinamis dan Humanis. Juga, terdapat Rubrik tentang Jelajah Pasundan, Kuis, dan Basarudita.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik gambar berikut untuk membaca Buletin PASKAL JABAR edisi Triwulan I Tahun 2024:

 

Buletin Paskal Jabar Edisi Triwulan I Tahun 2024

Buletin PASKAL JABAR Edisi Triwulan IV Tahun 2023

Buletin PASKAL JABAR (Profil APBN dan Analisis Kinerja Fiskal Jawa Barat) edisi Triwulan IV Tahun 2023 telah terbit.

Pada edisi kali ini, kami menyajikan artikel pada Rubrik Baraya (Bahasan Utama Terpercaya) berjudul "Peran Regional Chief Economist dan Financial Advisor, Sebaiknya Jangan Sebatas Pemenuhan Kewajiban Penyampaian Laporan", yang menyoroti belum optimalnya implementasi peran instansi vertikal DJPb sebagai RCE dan FA, beserta rekomendasinya.

Selengkapnya...

Buletin PASKAL JABAR Edisi Triwulan III Tahun 2023

Pada edisi triwulan III tahun 2023 kali ini, Buletin PASKAL JABAR menyajikan topik bahasan menarik mengenai peran pemerintah dalam pencapaian program penurunan stunting di Provinsi Jawa Barat. Percepatan penurunan stunting pada anak di bawah usia lima tahun (balita) merupakan program prioritas Pemerintah yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020–2024. Program prioritas ini memiliki target menurunkan prevalensi stunting menjadi 14% di tingkat nasional pada tahun 2024. Pemerintah menganggarkan dana dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) pada beberapa Satuan Kerja Kementerian/Lembaga (K/L) untuk mencapai target penurunan stunting. Kajian yang dilakukan oleh Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat berisi pembelajaran dan rekomendasi yang dapat dijadikan pertimbangan dalam perbaikan kebijakan, baik untuk K/L maupun Pemerintah Daerah.

Selengkapnya...

Buletin PASKAL JABAR Edisi Triwulan II Tahun 2023

Buletin PASKAL JABAR edisi triwulan II tahun 2023 kali ini menyajikan liputan khusus mengenai kegiatan Rapat Koordinasi instansi DJPb regional Jawa yang diselenggarakan pada tanggal 14 s.d. 16 Juni 2023 di Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat, dan dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan, Astera Primanto Bhakti, dan narasumber yang berasal dari Badan Kebijakan Fiskal, Tenaga Pengkaji Bidang Perbendaharaan, Direktur PPK-BLU, local experts dari masing-masing wilayah provinsi, dan tentu saja Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa barat, Heru Pudyo Nugroho.

Selengkapnya...

Buletin PASKAL JABAR Edisi Triwulan I Tahun 2023

Dalam edisi perdana kali ini, Buletin PASKAL JABAR membahas mengenai refleksi perekonomian yang dilihat melalui survei harga produk-produk komoditas di pasar tradisional yang ada di Kota Bandung, yaitu Pasar Kosambi, Pasar Cihapit, dan Pasar Cihaur Geulis. Kemudian ada pula artikel terkait pelaksanaan Bazar UMKM yang diselenggarakan oleh Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat pada tanggal 5 Maret 2023 dalam rangka menyambut Hari Bakti Perbendaharaan ke-19.

Selengkapnya...

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search