Buletin PASKAL JABAR

Profil APBN dan Analisis Kinerja Fiskal Jawa Barat

Buletin PASKAL JABAR Edisi Triwulan IV Tahun 2023

Buletin PASKAL JABAR (Profil APBN dan Analisis Kinerja Fiskal Jawa Barat) edisi Triwulan IV Tahun 2023 telah terbit.

Pada edisi kali ini, kami menyajikan artikel pada Rubrik Baraya (Bahasan Utama Terpercaya) berjudul "Peran Regional Chief Economist dan Financial Advisor, Sebaiknya Jangan Sebatas Pemenuhan Kewajiban Penyampaian Laporan", yang menyoroti belum optimalnya implementasi peran instansi vertikal DJPb sebagai RCE dan FA, beserta rekomendasinya.

Kemudian pada Rubrik Selasar (Seputar Ekonomi dan Kinerja Fiskal Jawa Barat), kami menyampaikan perkembangan dan kinerja fiskal Provinsi Jawa Barat selama tahun 2023.

Pada Rubrik Ruang Kita, kami mengulas bagaimana Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat memanfaatkan maggot (belatung) sebagai media untuk menguraikan sampah organik. Kemudian kami juga menampilkan tulisan berjudul "Betapa Singkatnya Waktu Kita" yang senantiasa mengingatkan kita agar selalu memanfaatkan waktu dengan hal-hal positif dan bernilai ibadah. Terakhir kami menampilkan puisi berjudul "Anakku Menggugat" yang menceritakan suara hati seorang ibu yang bekerja penuh waktu namun tanpa meninggalkan kodratnya sebagai "Jantung" keluarga.

Pada Rubrik UMKM Kita, kami secara khusus meliput "Kisah Sukses Bakso Rujuk Joss (BRJ)" yang sempat merugi ratusan juta pada saat pandemi Covid-19, namun berkat inovasi dan strategi pemasarannya yang berhasil dilakukannya, usaha ini berkembang pesat dan memecahkan rekor MURI untuk bakso terbesar.

Belum puas berkuliner, kami juga mengajak Anda menikmati kuliner khas Sunda di Warung Nasi Ibu Imas pada Rubrik Jelajah Pasundan. Sebuah warung nasi yang berdiri di Kota Bandung sejak tahun 1980, memiliki beragam jenis sambal dengan cita rasa yang khas, dan semua kenikmatan itu ternyata bisa kita nikmati dengan harga terjangkau.

Tak ketinggalan kami memiliki rubrik-rubrik menarik lainnya, seperti Suryakanta, yaitu koleksi foto kegiatan Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat, serta rubrik Kemenkeu Satu yang berisi kaleidoskop kegiatan Kemenkeu Satu Provinsi Jawa Barat.

 

Selengkapnya, silakan klik gambar berikut untuk membaca Buletin PASKAL JABAR edisi Triwulan IV Tahun 2023:

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search