Buletin PASKAL JABAR

Profil APBN dan Analisis Kinerja Fiskal Jawa Barat

Buletin PASKAL JABAR Edisi Triwulan II Tahun 2023

Buletin PASKAL JABAR edisi triwulan II tahun 2023 kali ini menyajikan liputan khusus mengenai kegiatan Rapat Koordinasi instansi DJPb regional Jawa yang diselenggarakan pada tanggal 14 s.d. 16 Juni 2023 di Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat, dan dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan, Astera Primanto Bhakti, dan narasumber yang berasal dari Badan Kebijakan Fiskal, Tenaga Pengkaji Bidang Perbendaharaan, Direktur PPK-BLU, local experts dari masing-masing wilayah provinsi, dan tentu saja Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa barat, Heru Pudyo Nugroho.

Target pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,3% menjadi salah satu bahasan utama dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut. Sebagaimana kita ketahui, perekonomian Indonesia disokong oleh PDB regional Jawa yang berkontribusi sebesar 57,17% sepanjang triwulan I tahun 2023. Hal ini menunjukkan bahwa peran regional Jawa masih sangat startegis dalam mendukung aktivitas perkeonomian nasional dengan kondisi demografi dan kapasitas produksi yang tinggi. Namun demikian, ternyata tingkat kemiskinan juga mengalami tren kenaikan berdasarkan data per September 2022, kecuali wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Selain membahas jalannya rapat koordinasi di atas, edisi kali ini tetap akan menyajikan perkembangan kondisi fiskal dan ekonomi makro wilayah Provinsi Jawa Barat sampai dengan periode triwulan II tahun 2023. Selain itu, ada juga artikel yang mengulik keunikan Aparatur Sipil negara (ASN) dalam kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu), yaitu setiap ASN berhak memilih namun dilarang untuk menyatakan dukungannya alias netral.

Bagaimana kisah penempatan pertama sebagai seorang calon pegawai Kementerian Keuangan setelah dinyatakan lulus dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Dalam artikel berjudul 'Penempatan Pertama', Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II-B, Rokky Zaki Vijay, menceritakan pengalaman nostalgianya saat mendapatkan penugasan pertama di KPKN Atambua, awal tahun 2004 silam. Jangan lewatkan juga indahnya puisi berjudul 'Hujan' yang senantiasa menemani kesepian.

Di rubrik Jelajah Pasundan, kali ini kita akan bersama-sama mengenal warisan budaya Tari Topeng dari Cirebon, yang pada zaman dahulu ternyata digunakan oleh Sunan Kalijaga sebagai media untuk menyebarluaskan ajaran dan agama Islam.

Bagaimana kisah selengkapnya? Silakan klik gambar berikut untuk mengunduh Buletin PASKAL JABAR edisi triwulan II tahun 2023:

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search