Jalan KS Tubun No. 36 Pontianak

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Rapat Kordinasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PK-BLUD)

Pontianak 22 Maret 2019.  Bertempat di Aula Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalbar diselenggarakan Rapat Koordinasi BLUD se-kalbar diselenggarakan Rapat Koordinasi BLUD di wilayah Provinsi Kalbar. Dengan peserta seluruh Pimpinan RSUD, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala BPKAD se Provinsi Kalbar.

 Dalam sambutannya  Kakanwil DJPb,  Edward UP Nainggolan menekankan bahwa tujuan dibentuknya BLUD adalah peningkatan kinerja layanan sehingga diperlukan perubahan pola pikir pengelola BLUD demi terciptanya peningkatan kualitas layanan rumah sakit kepada seluruh masyarakat Kalbar. Hal ini bisa dicapai apabila ada niat dan sinergi dari RSUD, Dinkes, BPKAD danKanwil DJPb sebagai Pembina BLU/BLUD.

Hingga saat ini hampir seluruh RSUD dan beberapa Puskesmas di Kalbar sudah menjadi BLUD, yang belum adalah RSUD Kayong Utara dan RSJ Provinsi Kalbar di Singkawang.

Pada saat pemaparan materi  Edward UP Nainggolan menyampaikan bahwa Kanwil DJPb siap melakukan sinergi dalam rangka pembentukan BLUD khusunya RSUD serta upaya untuk peningkatan kinerja layanan dengan tujuan kepada perbaikan kinerja keuangan. Selanjutnya juga disampaikan bahwa BLUD merupakan salah satu gambaran tentang Reformasi Keuangan Negara, dimana BLUD  merupakan wujud nyata dari pelaksanaan anggaran berbasis kinerja, penerapan tata kelola yang baik, kemandirian pengelolaan keuangan dan pelaksanaan pertanggungjawaban yang transparan.

Konsep BLUD adalah pencapaian peningkatan kinerja Rumah Sakit melalui fleksibilitas pengelolaan keuangan dan tata kelola yang baik. Dikemukakan juga dalam untuk gaji pegawai agar tidak terburu-buru menerapkan renumerasi dan sementara masih menggunakan perhitungan jasa medis.

Pada akhir rakor Edward UP Nainggolan mengingatkan bahwa BLUD adalah untuk meningkatkan kinerja bukan mengejar fleksibilitas pengelolaan keuangan. Implementasi BLUD yang baik menuntut perubahan pola pikir dari pengabil keputusan di Pemda, membuat perangkat-perangkat yang baik, pimpinan BLU mempunyai jiwa enterpreneurship dan terciptanya tata kelola BLUD yang baik.

 

Kontributor : Bambang Sri Prastyono

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 
   

 

Search