JL. Jenderal Sudirman No.249 Pekanbaru 28116

 

Berita

Seputar Kanwil DJPb

SELEKSI ANGGOTA TIM DAN PENYUSUNAN RENCANA KERJA KEBERLANJUTAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS TAHUN 2024

Pada hari senin tanggal 29 Januari 2024, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Riau melaksanakan kegiatan Seleksi Anggota Tim Dan Penyusunan Rencana Kerja Keberlanjutan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Riau diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai.

Kegiatan seleksi dilaksanakan dalam rangka memenuhi ketentuan terkait anggota tim dipilih melalui prosedur yang jelas.

Sebagaimana diketahui pada tahun 2023 Kanwil DJPb Provinsi Riau meraih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Sebagaimana Nota Dinas Sekretaris DJPb No ND-4458/ PB.1/2023 hal Penyampaian Hasil Penilaian ZI-WBK di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahun 2023. Dari penilaian tersebut terdapat area Improvement yang harus dilakukan adalah: (1) updating pembangunan WBK secara online belum dilaksanakan secara berkala (triwulanan); (2) Agar monev serta tindak lanjut monev atas penerapan WBS, benturan kepentingan dilakukan secara berkala. Sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada pejabat/ pegawai pada Kanwil DJPb Provinsi Riau, dilakukan penyematan PIN WBK oleh Plt. Kakanwil DJPb Provinsi Riau kepada perwakilan pejabat/pegawai, yang diwakili oleh 1 (satu) orang pejabat administrator, 1 (satu) orang pejabat pengawas, dan 1 (satu) orang pelaksana.

Oleh karena itu penentuan anggota tim harus kembali menjadi perhatian agar dapat ditempatkan orang yang tepat sesuai dengan latar belakang tugas dan fungsi, pendidikan, kompetensi serta minat. Tantangannya adalah menyusun anggota tim yang ideal karena sulit mengintegrasikan/ menyelaraskan antara komponen pengungkit yang ada dalam pembangunan ZI dengan struktur organisasi yang ada, termasuk adanya pemenuhan dokumen pembangunan ZI yang selama ini tidak dilakukan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Kegiatan seleksi selain melakukan identifikasi latar berlakang tugas dan fungsi, pendidikan dan kompetensi adalah meminta rekomendasi dari masing-masing kepala bagian dan bidang untuk mengetahui minat dan kemampuan anggota tim. Selanjutnya akan diformulakan dalam struktur tim untuk dilakukan mekanisme wawancara memastikan lagi sekaligus meminta komitmen dalam pelaksanaannya nanti.

Setelah dipastikan anggota tim sudah terbentuk maka selanjutnya adalah penyusunan rencana kerja untuk memastikan seluruh kegiatan berjalan sehingga pada periode berikutnya Kanwil DJPb Provinsi Riau siap untuk maju ke penilaian untuk meperoleh predikat menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Tag Populer

Lima Budaya Kementerian Keuangan

Hak Cipta © Kanwil DJPb Provinsi Riau - Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb
Jalan Jenderal Sudirman No. 249 Pekanbaru Kode Pos 28116
Telp : (0761) 22686 | Fax : (0761) 22647 |

Ikuti Kami

WhatsappIKUTI KAMI

 

Pengaduan Kami: 

 

 

Search