Balikpapan, 10 Juli 2018
Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan KPPN Balikpapan melaksanakan acara sosialisasi dalam rangka persiapan pelaksanaan Survei Kepuasan Pengguna Layanan Kementerian Keuangan Tahun 2018. Acara dihadiri oleh 50 peserta yang berasal dari Satuan Kerja mitra KPPN Balikpapan dan juga dari pihak rekanan yang menjadi mitra Satker.
Sasaran dari penyelenggaraan survei tersebut nantinya adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat pengguna layanan dan stakeholders terhadap pelayanan yang diberikan Kementerian Keuangan, khususnya Kantor Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan pada Kanwil Ditjen Perbendaharaan dan KPPN, serta untuk mengukur opini/pendapat publik mengenai pelayanan dan integritas pegawainya. Serta untuk menjaga keberlangsungan Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan dan guna mewujudkan pengelolaan kepemerintahan yang baik untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat pengguna layanan.
Acara dibuka oleh sambutan Kepala KPPN Balikpapan, Sugiyana, yang menyampaikan pentingnya acara ini dilaksanakan mengingat wilayah Kota Balikpapan terus menerus sejak tahun 2014 menjadi tempat dilakukannya survei selain 5 kota lainnya yang ada di seluruh Indonesia, yaitu Batam, Medan, Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Selain itu, Sugiyana juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada satuan kerja yang telah menghadiri kegiatan tersebut.
Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Timur, Midden Sihombing, yang pada kesempatan tersebut banyak menyampaikan keberhasilan Kementerian Keuangan, khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan, antara lain menjelaskan bahwa DJPb Memperoleh indeks tertinggi dalam Survei Kepuasan Pengguna Layanan Kemenkeu selama 2 (dua) tahun berturut-turut (2015-2016) dengan indeks sebesar 4,32 (skala 5) di tahun 2015 dan 4,40 di tahun 2016. Sementara itu juga DJPb meraih peringkat PERTAMA selama 4 (empat) tahun berturut-turut (2013-2016) di lingkup Kemenkeu dalam pelaksanaan Survei Strategy Focused Organization (SFO). Selain itu juga, beliau juga menyampaikan bahwa DJPb menjadi unit dengan pengelolaan kinerja terbaik selama 2 (dua) tahun berturut-turut (2015-2016) di lingkup Kementerian Keuangan berdasarkan Reviu Pengelolaan Kinerja oleh Pushaka Setjen Kemenkeu, dengan hasil reviu Kontrak Kinerja tertinggi sebesar 92,60 (dari skala 100) di tahun 2015, dan 99,14 di tahun 2016.
Tak lupa Midden menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi satker yang selama ini telah memberikan jawaban/pernyataan kepada surveyor secara baik sehingga Ditjen Perbendaharaan mendapatkan hasil survei yang memuaskan. Kakanwil juga menghimbau kepada seluruh peserta agar senantiasa menjalin komunikasi yang terbuka dalam pemberian layanan. Serta mengingatkan kepada satker agar dalam menerima layanan dan pelaksanaan tugas, baik di Kanwil maupun di KPPN, tidak melakukan suap dan gratifikasi. Dan bahkan pada kesempatan tersebut, Kakanwil DJPb dan Kepala KPPN Balikpapan menyampaikan nomor handphone-nya yang dapat dihubungi jika terdapat hal-hal yang perlu dikomunikasikan.
Selanjutnya, pada kegiatan tersebut juga disampaikan materi/ceramah keagamaan yang disampaikan oleh Ustad Sartono, beliau merupakan pegawai pada Kementerian Agama Kota Balikpapan, mengingat saat ini masih dalam suasana halal bi halal Hari Raya Idul Fitri 1439 H.
Tepat pukul 11.30 WITA acara ditutup dengan terlebih dahulu berdoa dan foto bersama, serta dilanjutkan dengan ramah-tamah seluruh peserta.
(Tamiru - red)