GKN, Jln. Ahmad Yani No.28, Klandasan Ilir, Balikpapan

Daftar Inovasi

KPPN Balikpapan telah mengembangkan beberapa inovasi layanan untuk mendukung pelaksanaa pekerjaan sehari-hari dan pencapaian target kinerja organisasi, diantaranya sebagai berikut: 

No

Kegiatan Inovasi (Tahun)

Penjelasan Kegiatan

Manfaat

Ket

1

Layanan Khusus untuk Penolakan SPM>1kali  (2019)

Jenis layanan yang memberi kesempatan satker untuk dapat memperoleh layanan khusus apabila SPM terotolak lebih dari 1 kali

Memberikan kemudahan untuk menerima penjelasan dan asistensi terkait kesalahan SPM

 Eksternal

2

Inovasi Pengaduan dan Whistleblowing (2019)

Kotak saran terhadap pelayanan KPPN Balikpapan

Mengukur tingkat pelayanan KPPN Balikpapan berdasarkan saran dan nilai kepuasan dari satker

 Eksternal

3

Pamflet brosur layanan (2019)

Infografis pelayanan KPPN Balikpapan

Memberikan informasi pelayanan KPPN Balikpapan secara singkat dan jelas

Eksternal 

4

Inovasi Layanan Informasi Digital Banner (2019)

Pengenalan profil dan inovasi layanan yang disediakan KPPN Balikpapan

Publikasi inovasi layanan KPPN Balikpapan

Eksternal 

5

Call Attention 047 (2019)

Tombol peringatan apabila satker telah menunggu layanan tatap muka lebih dari 47 menit

Menjaga kualitas waktu pelayanan kepada satker

Eksternal 

6

Intensif Care Room (2019)

Ruang Pemberian Layanan diluar standar layanan

Melakukan pemantauan layanan khusus, lebih transparan dan terhindar dari kemungkinan adanya gratifikasi

Eksternal 

7

Vice 047 “Virtual Officer” (2019)

Inovasi layanan konsultasi online satker, berupa penyuluhan layanan perbendaharaan/ pendampingan aplikasi layanan perbendaharaan. Pengembangan inovasi melalui layanan konsul via zoom

Latar Belakang :

  1. KPPN Balikpapan memiliki Satuan kerja yang berada pada daerah-daerah yang memiliki waktu tempuh lebih dari 3 jam dari tempat kedudukan KPPN Balikpapan
  2. Memanfaatkan teknologi informasi yang populer / familiar dengan mitra kerja.

Eksternal

  1. Permasalahan satker dapat segera diselesaikan karena satker dapat langsung berkonsultasi melalui vidcon
  2. Meningkatkan kinerja satker
  3. Efisiensi waktu dan biaya bagi satker

Internal

  1. Nilai IKPA BUN meningkat
  2. Pegawai terlindungi dari penyebaran virus Covid-19
Eksternal & Internal

8

KOPROL 047 “Konfirmasi Penerimaan Negara Online” (2020) Inovasi Konfirmasi Penerimaan Negara melalui email dalam bentuk soft file.
  1. Memberikan kemudahan konfirmasi penerimaan negara dengan dokumen lampiran yang dapat diunggah dengan pdf
  2. Percepatan penyelesaian konfirmasi penerimaan negara karena seluruh dokumen tersedia pada lampiran email
  3. Membangun komunikasi 2 arah yang lebih lancar dan langsung melalui email
Eksternal

DUNAT “Pengaduan Online At Real Time” (2021)

Inovasi layanan pengaduan online untuk internal/eksternal secara cepat dengan sistem anonim atau tanpa mengekspos identitas pengirim  Memberikan pelayanan terkait pengaduan secara online, baik untuk lingkup internal dan eksternal, yang dapat digunakan secara mudah dan cepat.  Eksternal
10 SITAKOM SATKER “Sistem Informasi Tagihan Kontrak Satker” (2021) Monitoring dan pengawasan penyelesaian tagihan kontrak. Mengirimkan pesan WA terkait tagihan yang harus diseslesaikan dalam 17 hari dan diharapkan satker tidak terlambat menyampaikan data kontrak
  1. Terpenuhinya hak pihak ketiga/penyedia dengan tepat waktu
  2. Meningkatkan presentase tingkat kepatuhan satuan kerja dalam penyelesaian tagihan
  3. Meningkatkan capaian IKPA satker
Eksternal
11 IGA SAPI 047 “Info Grafis Senin Pagi KPPN 047” (2021) Inovasi infografis layanan perbendaharaan yang dibagi ke stakeholder secara berkala
  1. Menyediakan Informasi Terupdate terkait kebijakan baru pelaksanaan APBN
  2. Memberi kemudahan akses informasi karena dapat diakses melalui Instagram
    Memberi kemudahan KPPN dalam menyampaikan informasi ke satuan kerja secara singkat namun dapat dimengerti
Eksternal
12 SOSIS TELUR
“Solusi dan Notifikasi Terpadu SP2D Retur Satker” (2021)
Inovasi Layanan Retur SP2D berupa notifikasidan info langkah penyelesaian retur via WA
  1. Memberikan informasi yang tepat dan cepat terkait retur satuan kerja
  2. Menjalin komunikasi dua arah dan cepat serta langsung dengan satuan kerja terkait retur sp2d
  3. Mempercepat penyelesaian retur karena disediakan format balasan retur serta solusi penyelesaiannya
Eksternal
13 More 047 “ Monitoring dan Rekonsiliasi LPJ” (2021) Monitoring rekon dan LPJ melalui gambar/grafis disampaikan di WA
  1. Memberikan update terkini terkait jadwal rekonsiliasi dan LPJ satuan kerja
  2. Pemberian informasi dengan gambar/animasi dapat menjadi perhatian lebih dibandingkan dengan pemberitahuan yang hanya berbentuk teks
  3. Menjalin sinergi dan komunikasi yang baik antara KPPN dengan mitra kerja
Eksternal
14 Risol Siram 047 “Reminder Satuan Kerja Online Senin, Rabu, Jum’at” (2021) Reminder layanan perbendaharaan setiap senin, rabu, jum’at  Memberikan reminder (pengingat) kepada satuan kerja terkait batas-batas penyampaian GUP, Pertanggung jawaban TUP dan RPD Harian Eksternal
15 Buku Saku Online (2021) Layanan database seluruh peraturan, juknis, dan informasi yang dibutuhkan oleh satker secara online dan dapat diakses dimanapun Memberikan kemudahan kepada satker KPPN Balikpapan untuk mendapatkan informasi yang edukatif terkait perbendaharaan secara online kapanpun dimanapun Eksternal
16 KENCANKU “Kendali Capaian IKU” (2021)

Inovasi manajemen SDM berupa kendali monitoring capaian IKU dari masing-masing seksi setiap TW

Latar belakang : adanya proses panjang dalam penatausahaan proses pelaporan IKU pada Subbag Umum

Dapat mempermudah dalam perhitungan IKU Organisasi Internal
17 SANGAPAWJU “Pengawasan Kepegawaian 047” (2021)

Inovasi manajemen SDM berupa Monitoring KGB, kenaikan pangkat, dan golongan setiap pegawai

Latar Belakang :sebelumnya tidak terdapat pengawasan berupa monitoring langsung dari aplikasi PBn Open

Sebagai pengawasan/ memudahkan pelaksana kepegawaian dalam melakukan monitoring dan pengajuan usulan KGB, Kenaikan Pangkat, dan Pensiun pegawai Internal
18 Monster 047 “Monitoring SPM Terpadu KPPN Balikpapan” (2021) Inovasi pengawasan SPM dengan penggunaan stempel berbeda warna antar petugas validasi yang memuat informasi monitoring penyelesaian data supplier, kontrak dan time stamp
  1. Sebagai alat monitoring dan pengawasan penyelesaian SPM/ pendaftaran kontrak dan supplier/ addendum kontrak.
  2. Memberikan informasi waktu SPM mulai divalidasi/ diunggah ke SPAN, sehingga untuk tagihan dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 1 jam.
  3. Memberikan informasi data yang sedang diproses merupakan tagihan/data kontrak/data supplier.
  4. Memberikan informasi apakah SPM telah selesai diproses oleh FO/MO/Kepala Seksi.
Internal
19 Pelangi 047 “Pengawasan Penyaluran Gaji KPPN Balikpapan” (2021)

Inovasi pengawasan pada SPM Gaji Induk dan PPNPN berupa pemantauan proses SPM untuk meminimalisir kesalahan

Latar Belakang : Banyak satuan kerja yang menyampaikan SPM Gaji Induk dan PPNPN mendekati batas waktu penyampaian

  1. Sebagai alat monitoring dan pengawasan penyelesaian Gaji Induk ASN dan Penghasilan PPNPN Induk.
  2. Memastikan semua satuan kerja telah menyampaikan SPM Gaji Induknya, dan telah diterima dan diproses oleh KPPN.
  3. Memastikan SPM Gaji Induk telah terbit SP2D tepat pada waktunya.
Internal 
20 Lemper Pedas 047 “Lembar Permintaan Persediaan Daring Sistem” (2021)

Lembar blangko persediaan online via spreadsheet yang dapat diakses otomatis melalui WA

Memudahkan Sub Bagian Umum dalam menatausahakan Barang Persediaan yang keluar serta mendukung Program Go Green

Internal 
  1. KOPI MANTAN, Konsultasi Pendampingan Mitra kerja Prioritas Sepekan;

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

Search