Batam

Kisah Integritas 1 - Belajar Integritas dari Tembok Cina

Tembok Cina di bangun lebih kurang selama 2000 tahun, panjangnya 8.850 km, atau sama dengan 8 kali panjang pulau Jawa. Tembok ini, selain sebagai jalur komunikasi, juga merupakan penanda perbatasan. Namun yang paling utama adalah sebagai benteng pertahanan supaya Cina tidak bisa ditembus oleh bangsa Mongolia atau Manchuria.

Pada tahun 1600 Cina diserang oleh bangsa Mongolia dan tidak bisa ditembus. 44 tahun kemudian tepatnya  tahun 1644 Cina Kembali diserbu, namun akhirnya bisa tembus oleh bangsa Mongolia.

Apa strategi menembus tembok besar tersebut? Apakah dengan serangan yang lebih besar, apakah dengan menggali parit, atau membuat terowongan, atau dengan membuat meriam?

Ternyata cara menembusnya sangat sederhana dan tidak banyak menimbulkan kerugian yang besar bagi bangsa Mongolia, yaitu dengan cara menyuap pasukan penjaga benteng Cina. Dengan demikian pasukan Mongolia bisa masuk melewati gebang yang dijaga pasukan Cina yang paling lemah.

Demikianlah runtuhnya tembok Cina karena Integritas penjaganya yang lemah sehingga bisa disuap…

Apa inspirasi dari kisah tersebut?

Dalam sebuah organisasi yang besar dengan struktur yang sangat hebat dan memiliki banyak ribuan karyawan atau pegawai, namun apabila ada satu saja orang yang tidak memilki integritas maka organisasi tersebut bisa hancur.

Sebagaimana kisah di atas, betapa pentingnya pembangunan integritas yang sesungguhnya menjadi benteng pertahanan dari sebuah organisasi, termasuk bagi Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan khususnya KPPN Batam.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Batam
Jl. Raja Haji, Sekupang, Batam 29425
TELP.(0778) 324017
EMAIL: kppn.batam@kemenkeu.go.id; kppn137@gmail.com

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search

Book an appointment with KPPN Batam