Jalan Majapahit GKN, Biak – Papua 98111

Berita

Seputar KPPN

Pelatihan Public Speaking Tahun 2020

Pelatihan Public Speaking merupakan salah satu agenda yang masuk dalam rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) tahun 2020 pada KPPN Biak, yang dijadwalkan sesuai dengan time frame pelaksanaan kegiatan pada bulan Agustus 2020. Pelatihan Public Speaking (PPS) telah menjadi agenda rutin tahunan, dan secara konsisten dilaksanakan oleh KPPN Biak. Hal ini bertujuan untuk menggali kemampuan komunikasi para pegawai dalam berbicara di muka umum, serta memberikan pembekalan dasar, serta kiat sukes dalam melakukan public speaking. Terlebih lagi, perubahan yang terjadi pada tugas layanan KPPN yang sekarang ini mulai beranjak dari model pekerjaan yang bersifat clerical menuju ke arah fungsi pembinaan yang lebih membutuhkan kemampuan dalam melakukan public speaking.

Dengan diawali pembukaan acara oleh Kepala KPPN Biak, dan dilanjutkan oleh Kepala Seksi Vera-KI selaku untuk memaparkan materi pelatihan dasar PPS 2020 kepada para pelaksana KPPN Biak. Kepala Seksi Vera-KI menyampaikan secara teori terkait dengan dasar-dasar public speaking serta memberikan beberapa contoh praktek pelaksanaannya. Selanjutnya, selama kegiatan PPS 2020 disediakan sesi praktek, yang dilaksanakan oleh pelaksana dengan sangat antusias.

Presentasi tersebut diwakili oleh ketua tim/kelompok (Alif Akbar R. dan M. Rifky Adzakie), didepan peserta lainnya, dengan waktu pemaparan 5-10 menit. Selanjutnya disampaikan evaluasi dan tanggapan atas penampilan sesi praktek disampaikan oleh Kepala KPPN Biak dan Kepala Seksi, terkait dengan gesture tubuh dalam menyampaikan public speaking, kelancaran penyampaian tema yang dipresentasikan, serta diberikan saran-saran perbaikan.

Pada akhir acara evaluasi atas seluruh kegiatan PPS 2020 disampaikan oleh Kepala KPPN Biak, dengan meynyampaikan pentingnya pelatihan public speaking berikut pengembangan kemampuan secara mandiri oleh pegawai KPPN Biak, mengingat Tusi KPPN yang sudah mulai beralih dari pekerjaan yang bersifat clerical kearah fungsi pembinaan. hTentunya, dengan kemampuan publick speaking yang baik dapat menjadi nilai tambah dalam upaya menyampaikan kepada public/stakeholder mengenai tugas layanan kita secara efektif dan efisien. Selain iyu, KPPN Baik telah memberikan lingkungan yang baik dalam peningkatan kemampuan public speaking bagi pegawainya, dengan dilaksanakannya beberapa kegiatan sosialisasi, monitoring evaluasi, dan kelas pendampingan, yang melibatkan pelaksana KPPN Biak sebagai narasumber/pemateri.

Dengan telah dilaksanakannya kegiatan PPS 2020 pada KPPN Biak, diharapkan output berupa peningkatan kapasitas sumberdaya manusia (SDM) KPPN Biak, khususnya mengenai kemampuan public speaking dapat meningkat dan berimplikasi pada peningkatan kinerja dan kualitas layanan KPPN Biak kepada stakeholder.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search