Jalan Majapahit GKN, Biak – Papua 98111

Berita

Seputar KPPN

Kunjungan Kerja Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua ke KPPN Biak

Biak, 30 November 2020

Pegawai KPPN Biak sangat senang sekali dengan kehadiran Bapak Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua (Bp. Syaiful) yang sedang melakukan kunjungan kerja ke KPPN Biak selaku unit kerja vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang melayani satuan kerja di Kabupaten Biak Numfor dan Supiori. Pada kesempatan tersebut, beberapa agenda yang dilaksanakan oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua, selain kunjungan kerja ke KPPN Biak juga kunjungan kerja ke Pemerintah Daerah Tk. II Biak Numfor.

Kunjungan kerja ke KPPN Biak, merupakan agenda Bapak Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua, yang sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya, dan baru terlaksana pada saat ini disebabkan kondisi pandemi COVID-19. Berlangsung di Aula GKN Biak, Kepala KPPN Biak (Bp. Iswanto) beserta seluruh jajaran pegawai menyambut dan menyampaikan laporan progres capaian dan kondisi kinerja layanan KPPN Biak kepada Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua. Beberapa hal penting yang disampaikan dalam kesempatan tersebut antara lain:
1. Kondisi sarana prasarana penunjang yang perlu segera mendapatkan perhatian (UPS) guna menunjang kinerja layanan KPPN Biak.
2. Kondisi pelaksanaan anggaran yang cukup baik dan terkendali, dengan menyisakan 11 kontrak outstanding senilai kurang lebih 1 Milyar untuk proses pencairan sampai dengan akhir tahun 2020.
3. Capaian rekonsiliasi dana desa yang sudah mencapai progress 100%.
4. Penyaluran TKDD yang diharapkan dapat dilaksanakan paling cepat oleh KPPN Biak, dan sudah mulai dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah, terutama untuk pembahasan dan penetapan APBD yang menjadi kunci utama dapat salur TKDD tercepat.

Selanjutnya, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua menyampaikan pengarahan dan motivasi kepada segenap jajaran pejabat dan/atau pegawai KPPN Biak, dengan hal-hal pokok sebagai berikut:
1. Kunjungan kerja ke KPPN Biak merupakan kunjungan yang pertama kali selama masa kepemimpinan beliau di Kanwil DJPb Provinsi Papua.
2. Para pegawai KPPN Biak diharapkan dapat mengimplementasikan slogan "LAKI" yaitu Luar Biasa, Aktif, Kreatif, dan Inovatif. Penggunakan kata Luar Biasa di awal slogan merupakan bentuk penyemangat untuk menanamkan ke pikiran kita, bahwa kita sanggup dan mampu untuk bertindak aktif dan kreatif, sehingga mampu menghasilkan inovasi layanan dalam tugas dan pekerjaan kita.
3. Pegawai KPPN Biak agar tetap bersemangat dalam menjalankan peran dan tugasnya, karena kita sebagai pegawai yang terpilih untuk menjadi "sang penjemput fajar" di Republik Indonesia, bekerja paling awal di timur Indonesia dengan hati nurani melayani masyarakat Papua.
4. Dalam kesempatasn tersebut Bapak Syaiful juga menyelipkan kalimat motivasi bahwa "Antara Cinta dan Pengabdian, Tidak ada Salah Satu Yang Dikalahkan", keduanya harus tercapai karena cinta harus tetap ada mesti tidak selalu dekat bersama. Selain itu, tetaplah menjadi mutiara yang akan selalu berkilau (berprestasi) dimanapun mutiara tersebut ditempatkan.
5. Kanwil DJPb Provinsi Papua telah mendapatkan kehormatan dan bersiap untuk pelaksanaan pilot project SIKRI (Sistem Informasi Keuangan RI), dimana Kanwil DJPb Provinsi Papua telah mengembangkan SIKRIWIL (SIKRI Wilayah) yang merupakan upaya untuk suplay data keuangan APBN dan APBD dalam satu sistem Iinformasi data.
6. KPPN Biak agar mempersiapkan dengan baik dalam pelaksanaan layanan di akhir tahun, dengan memperhatlikan ketentuan langkah-langkah akhir tahun dan berkoordinasi dengan stakeholder. Selanjutnya, agar kedepannya dikembangkan analisis terhadap proses bisnis layanan yang sudah dikerjakan oleh KPPN Biak, sebagai bentuk pelaksanaan mitigasi/tindak lanjut/antisipasi.
7. Terkait dengan outstaning kontrak yang ada sampai dengan akhir tahun, agar selalu dipantau dan diingatkan kepada satker.
8. Terakhir, pesan dari Bapak Kakanwil, agar semua pegawai jangan mengalami demotivasi. Demotivasi sama halnya dengan kita sudah mati atau tenggelam, oleh karena itu perlu diatasi dengan 4 hal, yaitu:
a. Kembali ingatkan diri sendiri untuk mencintai pekerjaan kita,
b. Jangan pernah takut dan ragu dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan kita.
c. Berilah penghargaan untuk diri kita sensiri dengan mempunya "Me Time".
d. Ingat kembali tujuan kita bekerja.
Adapun untuk pimpinan agar menerpkan manajemen terbuka, yang mampu mendengar dan menampung permasalahan yang dialami oleh bawahannya.

Demikian sekilas informasi yang dapat kami sampaikan, sebagai hasil kunjungan Bapak Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua. Selanjutnya beliau dengan didampingi Kepala KPPN Biak dan Kasi Bank melanjutkan agenda pertemuan dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search