Jalan Majapahit GKN, Biak – Papua 98111

Berita

Seputar KPPN

KUNJUNGAN KERJA KEPALA KANWIL DJPb PROVINSI PAPUA KE WILAYAH KERJA KPPN BIAK

Sehubungan dengan kunjungan Bapak Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua (Bp. Burhani) ke wilayah kerja KPPN Biak dalang rangka penguatan misi Regional Chief Economist (RCE), yang berlangsung dari tanggal 08 s.d. 11 Juni 2021, dapat dilaporkan beberapa agenda penting yang telah beliau laksanakan pada reportase singkat ini.

Bapak Kakanwil DJPb Provinsi Papua beserta rombongan tim pembinaan dan supervisi yang menyertai dalam rangka kegiatan pembinaan semester I tahun 2021 pada KPPN Biak, mendarat dengan selamat di Bandara Frans Kaisepo setelah menempuh satu jam perjalanan udara. Kegiatan pembinaan dan supervisi oleh Tim Kanwil DJPb Provinsi Papua, diawali dengan arahan dari Bapak Kanwil DJPb kepada segenap pejabat/pegawai lingkup KPPN Biak dengan pokok-pokok arahan sebagaimana kami laporkan pada reportase sebelumnya.

Pada kesempatan tersebut Bapak Kakanwil berkenan untuk menyapa dan mengenal setiap pegawai KPPN Biak sebagai sah satu bentuk implementasi “Knowing Your Employee” sekaligus memberikan pengarahan berupa penguatan komitmen dan integritas kepada 13 pegawai KPPN Biak. Bapak Kakanwil DJPb Provinsi Papua, tidak lupa mengapresiasi pegawai KPPN Biak yang telah mampu memberikan layanan kepada stakeholder dengan baik, dan mampu meraih predikat ZI-WBK dari KemenPAN-RB, serta mengharapkan dapat ditingkatkan dan dipersiapkan untuk penilaian pembangunan ZI-WBBM bila sewaktu-waktu ditetapkan untuk mengikuti kegiatan penilaian.

Keesokan hari pada tanggal 09 Juni 2021, Bapak Kakanwil DJPb Provinsi Papua berkunjung ke Pemerintah Daerah Kabupaten Supiori dalam rangka pelaksanaan Rapat Koordinasi Perkembangan Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa, program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Usaha Mikro (Umi), serta permasalahan Ongkos Angkut Beras Distrik Pedalaman, sebagaimana rencana kegiatan yang telah disusun oleh tim KPPN Biak dan Tim Kanwil. Perlu diketahui, bahwa Rombongan Bapak Kakanwil DJPb Provinsi Papua harus berangkat pukul 05.30 WIT agar tepat waktu tiba di Kabupaten Supiori,  dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam perjalanan darat dari Kota Biak.

Selanjutnya, Bapak Kakanwil DJPb Provinsi Papua yang didampingi Kepala KPPN Biak (Bp. Iswanto) dan Kepala Bidang SKKI (Bp. Palid Siregar), disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Supiori (Bp. Yan Imbab), dan dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi bersama dengan jajaran Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Supiori (Sekretaris Daerah, Asisten Bupati, Inspektur Daerah, Kepala BPKAD  dan Kepala OPD terkait). Pada kesempatan tersebut, saling berdiskusi dan membahas permasalahan terkait Perda APBD, yang hingga saat ini Pemda Kabupaten Supiori belum menyampaikan ke Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kemenkeu sebagai. Hal ini sangat penting, mengingat penyampaian Perda APBD merupakan salah satu syarat penting dalam Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa.

Progres yang dapat disampaikan terkait dengan Perda APBD Kabupaten Supiori dapat disampaikan bahwa APBD Kabupaten Supiori dipastikan telah disepakati (ketok palu) bersama DPRD pada bulan April 2021. Namun demikian angka nominal pada rincian APBD masih dilakukan pembahasan secara manual dan belum dilakukan input dalam Aplikasi SIPD dan SIMDA secara keseluruhan. Oleh karena itu perlu didorong percepatan proses finishing input ke dalam aplikasi yang sudah berjalan saat ini, guna percepatan salur DAK Fisik dan Dana Desa.

Selain kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Supiori, terdapat agenda kunjungan Bapak Kakanwil DJPb Provinsi Papua ke Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor dan KOREM 173 - PRAJA VIRA BRAJA pada tanggal 10 Juni 2021. Hampir sama dengan kunjungan sebelumnya ke Pemerintah Daerah Kabupaten Supiori yang membahas mengenai perkembangan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa, KUR dan Umi, dan Ongkos Angkut Beras Distrik Pedalaman. Namun pada kesempatan ini, lebih dititikberatkan pada permasalahan  mengenai Piutang Pemerintah yang ada pada PDAM Pemda Biak Numfor.

Pada kunjungan kerja kali ini, Bapak Kakanwil DJPb Provinsi Papua dengan tetap didampingi oleh Kepala KPPN Biak dan Kabid SKKI, diterima dengan baik oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor mewakili Bupati beserta segenap jajaran pejabat pemda (Kepala BPKAD dan Kepala OPD terkait). Selama Rapat Koordinasi berlangsung, disampaikan bahwa PDAM Pemda Biak Numfor sedang melengkapi persyaratan dalam rangka proses penyelesaian pinjaman (piutang pemerintah) tersebut. Beberapa persyaratan yang sedang dipenuhi antara lain Laporan Keuangan dalam periode satu tahun terakhir yg telah diaudit oleh auditor independent, dan saat ini proses audit tersebut sedang berlangsung.

Selanjutnya, agenda kegiatan berlanjut ke KOREM 173 - PRAJA VIRA BRAJA Biak, dengan disambut langsung oleh Bapak Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Iwan Setiawan, S.E.,M.M. selaku Komandan KOREM. Perbincangan dan diskusi yang berlangsung dengan hangat dan penuh kekeluargaan sangat terasa pada pertemuan tersebut, disertai dengan apresiasi dan terima kasih atas layanan di bidang pelaksanaan anggaran oleh KPPN Biak dan Kanwil DJPb Provinsi Papua oleh Bapak Bapak Brigjen TNI Iwan Setiawan. Hal ini tentunya menjadi motivasi bagi KPPN Biak untuk dapat terus berkomitmen dalam meningkatkan layanan yang berorientasi pada kepuasan pengguna layanan KPPN Biak.

Kunjungan kerja Bapak Kakanwil DJPb Provinsi Papua beserta kegiatan pembinaan/supervisi Tim Kanwil DJPb Provinsi Papua, tidak terasa telah dua hari berlangsung, dan akan kembali pada keesokan harinya (11 Juni 2021) ke Jayapura. Hal ini tentunya memberikan kami tanggung jawab untuk tetap melakukan perbaikan dan penyempuranaan, sebagaimana hasil pembinaan sementara yang disampaikan pada exit meeting di sore hari tanggal 10 Juni 2021. Atas kunjungan Bapak Kakanwil tersebut, kami semakin termotivasi untuk tetap memberikan yang terbaik sebagaimana slogan Kanwil DJPb Provinsi Papua “LAKI” dan DJPb “HANDAL”

Demikian reportase singkat yang dapat disampaikan kepada segenap mitra KPPN Biak, Jousuba….!

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search