Berita

Seputar KPPN Buntok

KPPN Buntok Memberikan Edukasi APBN 2019 kepada SMK Negeri 1 Buntok

Buntok, 24 Januari 2019 – Dalam rangka Hari Bhakti Perbendaharaan yang jatuh pada tanggal 14 Januari 2019, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Buntok mengadakan beberapa kegiatan, diantaranya “ Perbendaharaan menyapa”,Perbendaharaan Peduli”, Perbendaharaan Berbagi” dan “ Perbendaharaan Sehat”.

Hari Bhakti Perbendaharaan 2019 dengan tema ”Tingkatkan Sinergi untuk Kemakmuran Negeri”. Dengan bersinergi, baik dengan Internal DJPb maupun pihak-pihak eksternal, merupakan hal penting dan perlu ditingkatkan dalam rangka mendukung posisi DJPb dalam menjalankan fungsi perbendaharaan dan sebagai representasi Kementerian Keuangan di daerah.

Kegiatan Hari Bhakti Perbendaharaan 2019 ”Perbendaharaan menyapa” dilaksanakan kepada pelajar SMK Negeri 1 Buntok pada hari Kamis tanggal 24 Januari 2019.
Kegiatan ini bertujuan mengedukasi mengenai peran DJPb dan Kementerian Keuangan dan KPPN serta mengenalkan APBN dan program-program strategis pemerintah kepada para pelajar. 

Kepala SMK Negeri 1 Buntok, Bapak Joko Lelono menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan KPPN Buntok ini serta berharap para pelajar dapat menggali lebih banyak hal tentang pengelolaan keuangan Negara.

Kepala KPPN Buntok, Bapak Slamet Parman menyampaikan mengenai APBN 2019 dengan format ringan dan komukatif untuk memudahkan para pelajar memahami isi materi.
Materi yang disampaikan adalah mengenai alur mulai dari penyusunan APBN yang telah dibahas dan disepakati Pemerintah bersama DPR serta memperhatikan pertimbangan DPD RI, yang kegiatannya telah dimulai sejak Januari 2018 hingga ditetapkannya APBN dan penyerahan DIPA pada 11 Desember 2018.
Pada materi tersebut juga disampaikan”Postur APBN 2019 sehat, adil dan mandiri” yang antara lain ditandai dengan deficit anggaran terendah sejak 5 tahun terakhir dan pembiayaan utang menurun. Pada sisi belanja Negara juga semakin produktif, Selain itu penerimaan Negara pada tahun 2019 terus dioptimalkan serta memperkuat belanja untuk bencana alam dan mempercepat pembangunan daerah melalui berbagai Dana Transfer Daerah seperti Dana Desa dan Dana Alokasi Khusus Fisik” kata Bapak Slamet Parman.

Pada sesi pemaparan yang kedua, Kepala Seksi Bank KPPN Buntok, Joko Sukamto menyampaikan Pengelolaan Keuangan Negara dan Peran Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb). Masih dalam format yang informal, para pelajar diberikan pemahaman mengenai Perbendaharaan Negara dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan Negara.

Selain itu juga dijelaskan mengenai Organisasi DJPb, meliputi tugas dan fungsi, visi dan misi serta mengenalkan instansi vertikal DJPb di daerah antara lain KPPN.
Selain itu pada sesi berikutnya, Kepala Seksi Vera KPPN Buntok, Sarto menjelaskan berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh DJPb dan KPPN, khususnya dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada stakeholder.
Selain itu dijelaskan pula informasi mengenai Politeknik Keuangan Negara STAN, serta memberikan motivasi kepada para pelajar untuk dapat mengambil kesempatan dan masuk dan mendaftar menjadi Mahasiswa PKN STAN. Para pelajar sangat sangat antusias mengikuti kegiatan Perbendaharaan menyapa, sehingga banyak pertanyaan yang diajukan untuk menggali tugas dan fungsi KPPN di daerah.
Kegiatan diakhiri dengan pemberian tanda penghargaan kepada SMKN-1 Buntok yang telah berpartisipasi mengikuti kegiatan dan sesi foto bersama.


Kontributor,
Joko sukamto

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search