Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

JUMAT CERIA: KPPN CILACAP LANJUTKAN PROGRAM “PERBENDAHARAAN GO GREEN” SATU PEGAWAI SATU POHON TAHAP 2

(Cilacap, 29 September 2017). Sejalan dengan SE-18/PB/2017 tanggal 10 Maret 2017 hal Pogram Perbendaraan Go Green di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kepala KPPN Cilacap menerbitkan Nota Dinas Nomor ND-120/WPB.14/KP.130/2017 tentang Pelaksanaan Kerja Bakti di Lingkungan KPPN Cilacap dengan agenda setiap jumat minggu terakhir menata dan membersihkan lingkungan kantor.

Pagi ini, Jumat, 29 September 2017, Jum’at minggu terakhir di bulan September, bertempat di halaman belakang KPPN Cilacap, seluruh pegawai mengisi kegiatan dengan menanam tanaman dalam pot sebagai lanjutan program satu pegawai satu pohon yang sebelumnya telah dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Program satu pegawai satu pohon di lanjutkan untuk menambah koleksi tanaman dalam green house supaya bisa bergantian digunakan sebagai penghias ruangan kantor dan mini garden pada saat sosialisasi/bimtek/FGD.

Penanaman di mulai pukul 7.30 WIB di ikuti oleh seluruh pegawai KPPN Cilacap dan PPNPN dengan masing-masing secara bersama-sama menanam tanaman dalam pot. Suasana Jumat pagi yang cukup cerah menambah semangat pegawai KPPN Cilacap mengikuti kegiatan. Kegiatan ini dipandu oleh Darmanto pegawai KPPN Cilacap yang memang sangat menguasai perihal tanaman. Media tanam disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Penempatan tanaman juga menyesuaikan, apakah membutuhkan panas banyak atau sedikit. Para pegawai tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Berbagai macam tanaman menambah semarak suasana green house, hijau dan segar. Selain tanaman dalam pot, pegawai juga menanam tanaman keras seperti pohon jambu biji, alpukat, buah naga, chery, jeruk nipis, jeruk sambal, dan sirsak.  Dengan menanam sendiri, diharapkan bisa meningkatkan kecintaan pegawai terhadap tanaman dan lebih terpanggil untuk memelihara tanaman tersebut. Di samping juga dapat menjadi sarana edukasi bagi para pegawai untuk mengenal lebih banyak jenis tanaman. Apalagi jika ditanami dengan pohon  buah tentunya para pegawai dapat memetik hasilnya saat berbuah sehingga dapat menambah alternatif asupan nutrisi dan mengurangi anggaran yang dialokasikan untuk penambah daya tahan tubuh.

Optimalisasi ruang terbuka hijau di lingkungan kantor diharapkan dapat dirasakan manfaatnya oleh para pegawai dan stakeholders. Polusi gas CO2 akibat lokasi kantor yang letaknya dekat dengan jalan raya akan berkurang efeknya apabila banyak tanaman hijau di lingkungan sekitar kantor bahkan di dalam ruangan kantor sendiri. Selain sirkulasi udara yang harus cukup memadai, tanaman hijau sebagai pemasok oksigen juga penting ikut menghiasi interior kantor karena akan mempengaruhi kemampuan kognitif para pegawai dan stakeholders, meredakan stres, meningkatkan kinerja, menimbulkan suasana rileks sehingga dapat bekerja dengan rasa nyaman dan lebih produktif.

Tersedianya tanaman hijau baik di lingkungan luar kantor maupun di dalam kantor dapat menambah suasana menjadi lebih asri. Selain itu juga dapat mengurangi efek gas rumah kaca dikarenakan gedung KPPN Cilacap menggunakan Air Conditioner untuk mendinginkan ruangan sehingga penggunaan tanaman hijau untuk mengatur sirkulasi udara dapat mengurangi pemakaian Air Conditioner yang pada akhirnya akan mengurangi pemakaian listrik.

Gerakan lanjutan satu pegawai satu pohon adalah bentuk nyata andil para pegawai KPPN Cilacap untuk melestarikan alam dan menjaga keseimbangan lingkungan hidup. Ekosistem lingkungan hidup yang selalu terjaga diharapkan akan berdampak jangka panjang, terus berkesinambungan dan dapat berfungsi dengan baik hingga anak cucu kita.


Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search