Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

ANTISIPASI RISIKO BAHAYA KEBAKARAN, KPPN CILACAP GELAR SOSIALISASI DAN SIMULASI PEMADAMAN KEBAKARAN

(Cilacap, 16 Oktober 2017) Risiko yang sering dihadapi dalam pemeliharaan gedung bertingkat adalah bahaya kebakaran. Sebagai salah satu langkah mitigasi risiko terhadap bahaya kebakaran, KPPN Cilacap mengadakan kegiatan sosialisasi dan simulasi pemadaman kebakaran, Jumat 13 Oktober 2017.


Kegiatan yang dimulai pukul 8 pagi ini bertujuan untuk membekali para pegawai dan PPNPN KPPN Cilacap pengetahuan dan ketrampilan dasar dalam penanganan kebakaran gedung kantor sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kebakaran gedung kantor dan mengurangi risiko kerugian yang diakibatkan. Selain itu, untuk memperoleh gedung kantor yang memenuhi standar, setiap gedung kantor harus dilengkapi dengan fasilitas pencegahan kebakaran.

Kegiatan simulasi damkar di halaman belakang gedung KPPN Cilacap ini diikuti oleh seluruh pegawai dan PPNPN sebagai pengguna gedung KPPN Cilacap. Dalam pelatihan yang di pandu oleh Tim dari UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) di bawah naungan Satpol PP Kabupaten Cilacap yang dipimpin oleh Setio Rumekso, dan beranggotakan Jamingan, Sutarno, Tri Suwarko.

Para peserta terlebih dahulu mendapatkan penjelasan seperti tindakan pencegahan kebakaran dan hal-hal yang mesti dilakukan jika terjadi kebakaran. Setelah sosialisasi dilanjutkan dengan simulasi pemadaman kebakaran. Simulasi pertama yaitu pemadaman kebakaran yang disebabkan oleh tabung gas elpiji. Selanjutnya para peserta melakukan simulasi  teknik pemadaman api, mulai dari menggunakan karung basah, APAR, hingga selang yang terhubung dengan mobil pemadam kebakaran.

Melalui simulasi tersebut diharapkan setiap pengguna gedung KPPN Cilacap selalu dalam keadaan siap siaga apabila terjadi kebakaran gedung kantor sehingga dapat segera memberikan penanganan sedini mungkin sebelum petugas pemadam kebakaran dari UPT Damkar sampai di lokasi karena jaraknya yang cukup jauh.

Terciptanya gedung kantor yang aman, nyaman dan adanya mitigasi risiko kebakaran akan meningkatkan kinerja pada KPPN Cilacap sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada stakeholders.  

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search