Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

CORNER DAY KPPN CILACAP TAHUN 2017 “TRANSFORMASI KELEMBAGAAN PASTI LEBIH BAIK”

(Cilacap, 19 Oktober 2017) KPPN Cilacap sukses menyelenggarakan serangkaian kegiatan Corner Day Transformasi Kelembagaan 2017 pada tanggal 16 dan 18 Oktober 2017. Bertemakan “Transformasi Kelembagaan Pasti Lebik Baik”, kegiatan Corner Day Internal dilaksanakan pada hari Senin 16 Oktober 2017.

Kegiatan yang dihadiri oleh pegawai KPPN Cilacap ini bertujuan untuk menyampaikan perkembangan program Transformasi Kelembagaan Ditjen Perbendaharaan dan Quickwins Ditjen Perbendaharaan tahun 2017. Acara dimulai dengan sambutan dan arahan Kepala KPPN Cilacap, Joko Supriyanto. Dalam arahannya, Kepala KPPN Cilacap menjelaskan tentang pentingnya perubahan dan cara menyikapinya. Setiap organisasi lahir, tumbuh, berkembang dan matang, Direktorat Jenderal Perbendaharaan sudah 14 tahun lahir sejak adanya reformasi birokrasi melalui paket UU Keuangan Negara. Pada pemikiran terdahulu ada pendapat bahwa sesuatu yang tidak rusak mengapa perlu berubah, namun waktu membuktikan bahwa apabila tidak mau berubah maka akan tergantikan oleh  yang lain, seperti mesin ketik yang diganti oleh komputer, seperti HP Nokia yang sangat terkenal pada masanya sekarang tergantikan oleh Smartphone.

Saat ini telah terjadi pergeseran penilaian kepuasan terhadap suatu hal, Goods and Service menjadi aspek penilaian yang sangat berpengaruh. Maka apabila kita tidak mau berubah akan tertinggal. Saat ini Direktorat Jenderal Perbendaharaan telah melakukan banyak perubahan dalam upaya menjawab tantangan penyaluran dana APBN. Aplikasi SPAN (Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara), MPN G1 dan G2, aplikasi SAS, aplikasi SAKTI merupakan sebagian dari inovasi yang telah dikembangkan Ditjen Perbendaharaan.

Kegiatan Corner Day Internal dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Program Transformasi Kelembagaan Ditjen Perbendaharaan dan Quickwins Ditjen Perbendaharaan 2017 oleh Duta Transformasi Kelembagaan KPPN Cilacap, Mursid Priyadi. Tahun 2017 merupakan tahun ke 4 (empat) Transformasi Kelembagaan yang telah dimulai sejak tahun 2014. Saat ini Transformasi Kelembagaan berada pada tahap 3 dari Strategi Manajemen Perubahan dan Komunikasi yang memiliki 4 tahapan yaitu tahap 1 Informasi, tahap 2 Dukungan, tahap 3 Bangun Semangat dan tahap 4 Membangun Kemampuan. Dari survey yang dilakukan oleh Ditjen Perbendaharaan media yang paling efektif dalam menyampaikan progress Transformasi Kelembagaan adalah Corner Day. Oleh karena itu pada tahun ini Ditjen Perbendaharaan dan instansi vertikal dibawahnya kembali menyelenggarakan kegiatan Corner Day.

Duta Transformasi Kelembagaan juga menyampaikan tentang Quickwins Ditjen Perbendaharaan tahun 2017. Ada 15 Quickwins yang menjadi target yaitu : Standardisasi Kompetensi Teknis Jabatan Kantor Vertikal Ditjen Perbendaharaan, Implementasi Sistem Informasi Pengaduan, Implementasi Simplifikasi SPJ Belanja Bantuan Pemerintah pada K/L, Pilot Project Penggunaan Kartu Kredit untuk Belanja Pemerintah, Penyelesaian SPM Tanpa RPD Harian, Integrasi Sistem Aplikasi Rekening Milik Satker Lingkup K/L, Implementasi SIKP Tahap II untuk Peningkatan Akurasi Data dan Ketepatan Sasaran Penyaluran KUR, Sinergi Pengelolaan Kas BLU dan Kas Pemerintah, Aplikasi Remunerasi BLU, Register Satuan Kerja Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat, Forum Koordinasi Keuangan Negara Lingkup Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Launching Treasury Management Representatives (TMR) Pro, Layanan Call Center HAI DJPBN, Implementasi Standar WBK/WBBM pada KPPN dan Implementasi Standar SMM ISO 9001:2008 pada KPPN. Sebagai rangkaian kegiatan Corner Day Internal diselenggarakan acara nonton bareng video Treasury Festival 2017 yang sudah dilaksanakan di Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan pada tanggal 5 – 8 September 2017. Untuk memberikan semangat juga diberikan quiz dan pembagian doorprize bagi pegawai yang bisa menjawab pertanyaan dari narasumber.

Selanjutnya rangkaian kegiatan Corner Day Transformasi Kelembagaan 2017 berlanjut pada hari Rabu 18 Oktober 2017. Kegiatan Corner Day Eksternal dilaksanakan bersama mitra kerja KPPN Cilacap. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan visi dan misi KPPN Cilacap dan perkembangan transformasi kelembagaan yang telah dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan, serta Quickwins Ditjen Perbendaharaan tahun 2017. Acara dimulai dengan sambutan dan penyampaian visi dan misi KPPN Cilacap serta program transformasi kelembagaan oleh Kepala KPPN Cilacap.

Program Transformasi Kelembagaan Ditjen Perbendaharaan merupakan bagian dari Program Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan. Dimulai sejak tahun 2002 Reformasi Pengelolaan Keuangan negara melalui paket UU Keuangan Negara, pemisahan fungsi penyusunan anggaran dan pelaksanaan anggaran dan modernisasi administasi perpajakan tahap I. Kemudian tahun 2007 – 2009 Reformasi Birokrasi secara masif dengan 3 pilar yaitu Pilar I: Penataan Organisasi, Pilar II: Penataan proses dan Pilar III: Penataan Manajemen SDM. Dan Transformasi Kelembagaan tahun 2013 – 2025 dengan cakupan (tema transformasi): Sentral, Penerimaan (Perpajakan dan Kepabeanan Cukai), Perbendaharaan dan Penganggaran. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Quickwins Ditjen Perbendaharaan tahun 2017 oleh Duta Transformasi Kelembagaan KPPN Cilacap, Mursid Priyadi.

Untuk menyemarakkan kegiatan corner day dilakukan tour of the booth yang  bertujuan melihat hasil kreativitas pegawai KPPN Cilacap dalam mendesain booth KPPN Cilacap yang bertemakan “Go Green” disertai dengan berbagai informasi mengenai KPPN Cilacap dan Transformasi Kelembagaan. Di dalam booth KPPN Cilacap para TMR (Treasury Management Representative) KPPN Cilacap dengan berpakaian adat jawa menjelaskan tentang program transformasi kelembagaan dan quickwins Ditjen Perbendaharaan dan menjawab pertanyaan dari Satker. Kuis dan pembagian doorprize serta pemberian testimoni dari satuan kerja untuk kinerja layanan di KPPN Cilacap juga dilakukan di booth KPPN Cilacap.

Kegiatan Corner Day Eksternal selain diisi oleh narasumber dari KPPN Cilacap, juga melibatkan mitra kerja KPPN Cilacap yaitu PT Taspen dan BPJS Kesehatan, hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Pegawai KPPN Cilacap dan Satuan Kerja tentang hak dan kewajibannya sebagai peserta Jaminan Sosial serta menambah pengetahuan tentang syarat, ketentuan, manfaat, dan layanan yang berikan oleh BPJS Kesehatan dan PT Taspen. Dengan dilaksanakannya kegiatan Corner Day Eksternal ini diharapkan akan menambah kuat sinergi antara KPPN Cilacap dengan mitra kerja KPPN Cilacap. Seluruh rangkaian kegiatan Corner Day Internal dan Eksternal ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pegawai KPPN Cilacap maupun mitra kerja KPPN Cilacap. Program Transformasi Kelembagaan diharapkan dapat berjalan dengan baik, memberikan perubahan yang pasti lebih baik.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search