Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

SETETES DARAH ANDA BERARTI BAGI MEREKA : KEGIATAN DONOR DARAH HARI OEANG KE-71 DI CILACAP

(Cilacap, 27 Oktober 2017) Dalam rangka memperingati Hari Oeang yang jatuh pada tanggal 30 Oktober 2017, KPPN Cilacap menggelar kegiatan Donor Darah bekerja sama dengan Unit Pengelola Transfusi Darah (UPTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap, Jumat 27 Oktober 2017.


Sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke-71, kegiatan donor darah KPPN Cilacap bersinergi dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cilacap dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) C Cilacap. Peserta donor darah selain berasal dari tiga instansi vertikal Kementerian Keuangan di Kabupaten Cilacap juga berasal dari stakeholders yaitu satuan kerja mitra kerja KPPN Cilacap.

Tepat pukul 08.00 WIB, para peserta calon donor darah mulai berdatangan ke aula lantai II KPPN Cilacap, tempat diselenggarakannya kegiatan Donor Darah Hari Oeang Republik Indonesia ke-71. Dalam sambutannya, Kepala KPPN Cilacap, Joko Supriyanto, menyampaikan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan, Kementerian Keuangan menyelenggarakan kegiatan donor darah secara rutin setiap kali menyambut Hari Oeang. Tujuan kegiatan donor darah selain membantu meningkatkan ketersediaan darah di PMI juga mendorong gaya hidup sehat pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan dan pegawai Kementerian/Lembaga di luar Kementerian Keuangan melalui aksi donor darah.

Setelah melakukan pengisian formulir, selanjutnya para peserta dites kadar hemoglobin dan tekanan darahnya, peserta yang memenuhi syarat dapat langsung diambil darahnya. Namun karena UPTD PMI  Kabupaten Cilacap hanya menyediakan 8 set folding bed sehingga para peserta perlu mengantri untuk mendonorkan darahnya. Antusiasme yang besar ditunjukkan oleh stakeholders KPPN Cilacap dengan jumlah calon pendonor tercatat sebanyak 118 orang dan yang berhasil mendonorkan darahnya sebanyak 89 orang dengan rincian golongan darah A sebanyak 20 kantong, B sebanyak 22 kantong, AB sebanyak 8 kantong dan O sebanyak 39 kantong.

Menurut Kasi Donor Darah UPTD PMI Kabupaten Cilacap, Sony Kristianto, kegiatan donor darah sangat penting dalam memenuhi kebutuhan akan stock darah. Setiap harinya UPTD PMI Kabupaten Cilacap melayani kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh berbagai institusi. Rata-rata pemasukan darah setiap bulannya mencapai 1200 sampai dengan 1500 kantong darah, sedangkan rata-rata permintaan pasien yang membutuhkan darah setiap bulannya mencapai 900 sampai dengan 1000 kantong darah, sehingga untuk Kabupaten Cilacap sangat jarang terjadi defisit ketersediaan darah. Bahkan, UPTD PMI Kabupaten Cilacap seringkali memasok kebutuhan darah untuk daerah sekitarnya yaitu Kota Banjar Patroman, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Purbalingga.

Sebelum ditransfusikan ke resipien, darah yang diperoleh dari para pendonor dilakukan proses screening terlebih dahulu untuk memastikan darah tersebut terbebas dari risiko penyakit menular. Selain memperoleh pemeriksaan secara rutin, para pendonor dapat merasakan manfaat lainnya dengan rutin mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali antara lain memelihara kesehatan  jantung, menurunkan risiko terkena kanker, membantu menurunkan level zat besi dalam darah, memperbarui sel darah secara rutin, menstabilkan kondisi psikologis, mencegah penuaan dini dan banyak manfaat lainnya.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search