Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

BIMBINGAN TEKNIS DESAIN GRAFIS KPTIK-BMN SEMARANG DI KPPN CILACAP : MENUJU PEGAWAI MULTITALENTA

(Cilacap, 6 Desember 2017) KPPN Cilacap bekerja sama dengan Kantor Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Barang Milik Negara (KPTIK-BMN) Semarang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Desain Grafis.

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis seperti buku, majalah dan brosur. Seiring dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik yang seringkali disebut desain interaktif atau desain multimedia.

Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Pusat Sistem Informasi Teknologi Keuangan (Pusintek) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, KPTIK-BMN Semarang mewujudkan fungsinya melalui penyelenggaraan bimtek berbasis teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya dengan Bimtek Desain Grafis.

Kegiatan bimtek desain grafis diadakan di Ruangan Rapat KPPN Cilacap yang disulap menjadi Ruangan Kelas. Bimtek desain grafis  ini  merupakan bimtek yang pertama kalinya diadakan dalam wilayah kerja KPTIK-BMN Semarang sejak  berdirinya tahun 2011. Sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 53/PMK.01/2011, wilayah kerja KPTIK BMN  Semarang meliputi Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan Bimtek Desain Grafis ini diikuti oleh para pegawai KPPN Cilacap, selain itu dihadiri pula oleh perwakilan pegawai instansi vertikal Kementerian Keuangan lainnya di Cilacap yaitu Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cilacap dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) C Cilacap.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan skill pegawai dalam pembuatan desain grafis yang bermanfaat untuk berbagai keperluan kantor, misalnya pembuatan desain kartu nama, logo, poster, banner, backdrop, brosur, cover laporan, umbul-umbul dan media infografis lainnya. KPTIK-BMN Semarang mengharapkan kantor vertikal Kementerian Keuangan di Cilacap dapat mengurangi ketergantungan pada vendor (penyedia barang/jasa) dalam membuat desain grafis. Selain itu, dengan kemandirian dalam berkreativitas diharapkan dapat menghasilkan masterpiece sejalan dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan, Profesionalisme (Profesionalism) dan Kesempurnaan (Excellence).

Profesionalisme (Profesionalism) diwujudkan dalam bentuk memiliki keahlian dan pengetahuan yang luas serta mampu melaksanakan pekerjaan dengan hati. Sedangkan Kesempurnaan (Excellence) diwujudkan dalam perilaku selalu melakukan perbaikan secara terus menerus dan mengembangkan inovasi serta kreativitas. Dengan demikian, bimtek desain grafis ini mempunyai multiplier effect yaitu bagi pegawai untuk menunjukkan kontribusinya bagi organisasi dan bagi pegawai sebagai individu untuk investasi skill dan pengetahuan jangka panjang.

Acara bimtek desain grafis dibuka oleh Kepala KPPN Cilacap, Joko Supriyanto. Dalam sambutannya, Joko Supriyanto mengharapkan agar para peserta mengikuti  kegiatan bimtek desain grafis dengan baik sehingga dapat bermanfaat bagi peningkatan kompetensi dalam rangka membentuk pegawai yang multitalenta.

Selaku narasumber dalam bimtek tersebut adalah Heru Widikusnanto dari Seksi Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi KPTIK-BMN Semarang. Materi yang disampaikan adalah aplikasi CorelDraw disertai pengenalan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan Adobe InDesign. Materi yang disampaikan secara marathon tersebut membutuhkan durasi waktu kurang lebih 6 jam dengan menggunakan metode simulasi. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti materi pelatihan tersebut karena langsung praktek membuat logo, kartu nama, cover laporan keuangan dan spanduk.

Sebelum sesi penutupan, peserta dari KPP Pratama Cilacap yaitu Rafif Irwananda dan Adi Kurni R. dan peserta dari KPPBC TMP C Cilacap yaitu Panggah Laksono dan R. Decky Jay sempat memberikan testinominya, dengan belajar desain grafis akan menambah pengetahuan dan dapat membantu kantornya masing-masing dalam membuat desain grafis.  


Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search