Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN CILACAP GOES TO SCHOOL KE SMKN 1 CILACAP

(Cilacap, 11 Januari 2018) Salah satu kegiatan yang digelar oleh KPPN Cilacap dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan tahun 2018 adalah Perbendaharaan Menyapa. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai peran Direktorat Jenderal Perbendaharaan kepada masyarakat seperti perguruan tinggi/sekolah/kelompok masyarakat.


Kegiatan Perbendaharaan Menyapa tahun 2018 di Cilacap berupa Treasury Goes To School dilaksanakan dengan mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cilacap. Penyelengggaraan kegiatan serupa pernah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya di MAN Cilacap, SMAN 1 Cilacap dan MAN Kroya.



SMKN 1 Cilacap adalah salah satu sekolah vokasi di Kabupaten Cilacap yang sarat prestasi sejak berdirinya tahun 1968. Sekolah yang beralamat di Jalan Budi Utomo Nomor 10 Cilacap Selatan ini memiliki 6 jurusan/kompetensi keahlian yang semuanya berakreditasi A yaitu Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, Usaha Perjalanan Wisata, Administrasi Perkantoran, Akuntansi dan Pemasaran.



Semua siswa SMK diwajibkan menempuh Praktek Kerja Industri (Prakrin) selama 3 bulan saat kelas XI. KPPN Cilacap setiap tahunnya menerima siswa Prakrin dari SMKN 1 Cilacap yang berasal dari kompetensi keahlian Akuntansi. SMKN 1 Cilacap terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan Treasury Goes To School tahun 2018 dimaksudkan untuk menambah pengetahuan para siswa mengenai Peran Perbendaharaan dalam Pengelolaan Keuangan Negara dan Pembangunan.



Kegiatan Treasury Goes To School dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Januari 2018 dan diikuti oleh siswa kelas XII kompetensi keahlian akuntansi sebanyak 105 siswa. Kepala SMKN 1 Cilacap yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wawan Kurniawan menyampaikan apresiasi kepada KPPN Cilacap yang telah memilih SMKN 1 Cilacap untuk penyelenggaraan kegiatan Treasury Goes To School sehingga dapat menjadi media penyampaian informasi dan sharing knowledge kepada para siswa. Wawan Kurniawan juga berpesan kepada siswa agar mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya agar dapat bermanfaat bagi siswa.




Kepala KPPN Cilacap Joko Supriyanto dalam sambutannya memberikan motivasi kepada para siswa agar tekun belajar untuk mencapai yang apa dicita-citakan. Untuk membangkitkan semangat siswa, Joko Supriyanto juga menyampaikan biografi-nya sebagai lulusan SMK dapat sukses menyelesaikan pendidikan Diploma III dan Diploma IV di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang sekarang bernama Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN serta berhasil menyelesaikan pendidikan Magister Akuntansi di Makassar. Selanjutnya dapat berkarier di Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan sampai saat ini hingga dipercaya menjabat Kepala KPPN Cilacap.



Sesi pemaparan materi pertama disampaikan oleh Kun Sri Hartanto, Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker mengenai Struktur Organisasi, Tugas Fungsi Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Profil APBN 2018. Dalam tahap pelaksanaan APBN, KPPN mempunyai peran vital sebagai penyalur dana APBN sehingga pembangunan di segala bidang dapat berjalan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Alokasi terbesar dalam APBN 2018 adalah anggaran di sektor pendidikan dan infrastruktur.



Dalam kesempatan tersebut, 4 siswa yang pernah menempuh Prakrin di KPPN Cilacap memberikan testimoninya tentang kesan dan pesan serta pengalaman yang didapatkan selama 3 bulan Prakrin di KPPN Cilacap. Hal ini bertujuan agar KPPN Cilacap tetap menjadi lokasi Prakrin bagi siswa SMKN 1 Cilacap periode berikutnya.



Selanjutnya, Abdul Rohman Fauzi, Treasury Management Representative  menyampaikan materi Pengenalan Akuntansi Pemerintahan. Secara umum, baik dalam akuntansi keuangan/akuntansi komersial yang dipelajari siswa SMK maupun akuntansi pemerintahan mempunyai siklus akuntansi yang sama. Pengembangan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat yang dirancang berdasarkan SAP untuk menghasilkan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) menjadi hal menarik bagi kalangan akademisi untuk mempelarinya.



Pada sesi terakhir, Sri Agustina menyampaikan materi profil PKN STAN yang diawali dengan  penayangan video dan pengenalan PKN STAN seperti syarat pendaftaran, program studi yang tersedia, sistem perkuliahan, pendidikan lanjutan bagi alumni, penempatan kerja setelah selesai mengikuti jenjang pendidikan dan sebagainya. Sri Agustina sempat menceritakan pengalamannya selama menjadi mahasiswi Diploma I Kebendaharaan Negara dengan lokasi pendidikan di Balai Diklat Keuangan Medan. Hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para siswa SMK N 1 Cilacap agar dapat melanjutkan pendidikan di PKN STAN.



Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan Treasury Goes To School  sampai selesai dengan banyaknya pertanyaan. Dalam setiap sesi, para pemberi materi memberikan pertanyaan/kuis  dan makin meriah dengan berbagai macam doorprize yang menarik seperti alat tulis, papan ujian dan buku kumpulan soal ujian saringan masuk STAN. Bagi siswa SMKN 1 Cilacap yang berminat menjadi mahasiswa PKN STAN, setelah pendaftaran dibuka dapat melakukan pendaftaran di lokasi terdekat yaitu Balai Diklat Keuangan Yogyakarta dan Gedung Keuangan Negara Semarang 1. (ARF)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search