Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

“GKM, GO GREEN DAN PANEN RAYA”

(Cilacap, 9 Maret 2018) Ada yang berbeda pada pagi hari Jum’at tanggal 9 Maret 2018. Pegawai KPPN Cilacap berkumpul di “Gazebo” yang terletak di halaman samping gedung utama KPPN Cilacap. Kegiatan GKM (Gugus Kendali Mutu) yang biasanya dilaksanakan di dalam ruangan, kali ini, untuk memberikan kesegaran dilaksanakan outdoor.

Kegiatan rutin GKM pagi ini diisi dengan narasumber Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker, Kun Sri Hartanto, yang menyampaikan materi tentang Implementasi Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2018 sesuai dengan surat Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor S-1717/PB.1/2018 tanggal 15 Februari 2018. 

Kegiatan GKM yang berlangsung kurang lebih 1 jam, memaparkan tentang implementasi langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran tahun 2018 yang secara garis besar yaitu: menyusun dan menetapkan dokumen pendukung pelaksanaan anggaran, melaksanakan reviu atas DIPA dan rencana kegiatan, meningkatkan ketertiban penyampaian data supplier dan kontrak, memastikan ketepatan waktu penyelesaian tagihan, meningkatkan akurasi rencana penarikan dana dengan realisasi pembayaran, mengendalikan uang persediaan/tambahan uang persediaan, serta mengantisipasi dan menyelesaikan pagu minus. Ada yang spesial untuk konsumsi pada kegiatan GKM pagi ini, buah kelengkeng yang dipanen dari pohon kelengkeng yang tumbuh di samping “Gazebo” tempat kegiatan GKM dilaksanakan. 

Ada 2 pohon kelengkeng yang ditanam kurang lebih 3 tahun yang lalu itu merupakan bagian dari program Go Green Ditjen Perbendaharaan. Tanaman cangkok yang pada awal ditanam berukuran kurang lebih 1 meter, sekarang telah tumbuh menjadi pohon yang rindang dengan tinggi kurang lebih 3 meter. Pohon kelengkeng sudah mulai berbuah kira-kira setahun lalu, pada tahun ini berbuah sangat banyak hampir memenuhi semua bagian pohon. Untuk menjaga agar tidak habis dimakan “codot” diberi jaring pada bagian atas pohon dan ada beberapa bagian yang dibungkus karung agar buah tidak rontok. Buah-buahan di KPPN boleh dinikmati oleh seluruh pegawai KPPN Cilacap dan para tamu yang berkunjung ke KPPN Cilacap, demikian di sampaikan oleh Kepala KPPN Cilacap, Joko Supriyanto pada saat kegiatan ini.Buah kelengkeng memiliki banyak manfaat karena kandungan yang dimilikinya seperti vitamin A, vitamin B, B1, B2, B3, vitamin C, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, kalium, seng dan magnesium.

Namun konsumsi berlebih buah manis ini juga tidak diperbolehkan, karena dapat meningkatkankan kadar gula dalam tubuh, apalagi bagi penderita diabetes. Diskusi dan tanya jawab sambil menikmati buah segar yang baru saja dipetik dapat memberikan suasana berbeda, menghilangkan kejenuhan & kebosanan dari rutinitas yang biasa dilakukan. (3W)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search