Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

REKATKAN INSAN DJPB JAWA TENGAH, KPPN CILACAP IKUTI JAMBORE PERBENDAHARAAN

(Cilacap, 26 Maret 2018) Menjadi agenda dua tahunan, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendahaaran (DJPb) Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Jambore Perbendaharaan Jawa Tengah yang ke-2 berlokasi di Akademi Militer (Akmil) Magelang pada tanggal 23-25 Maret 2018, setelah pelaksanaan jambore pertama pada tahun 2016.

Acara ini diikuti oleh seluruh pegawai berasal dari Kanwil dan 15 Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah sebanyak 549 pegawai, diantaranya 20 pegawai berasal dari KPPN Cilacap, mengambil tema “Mengasah Jati Diri Insan Perbendaharaan untuk Pembangunan Jawa Tengah yang Lebih Baik”.


Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah Mirza Effendi dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya Jambore Perbendaharaan adalah sebagai ajang silaturahmi para pegawai lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, dan untuk meningkatkan sinergi, koordinasi, motivasi, dan kinerja para pegawai. Diharapkan setelah pelaksanaan jambore para pegawai mempunyai semangat baru untuk melaksanakan tugas sebagai pengelola APBN.

Setelah memberikan sambutan, Kakanwil menyerahkan piagam penghargaan. KPPN Cilacap meraih 3 penghargaan yaitu Peringkat 1 KPPN Type A2 Hasil Pembinaan Supervisi dan Penilaian Kinerja Semester II Tahun 2017, Peringkat II Evaluasi hasil pelaksanaan langkah-langkah peningkatan pelaksanaan tugas kepatuhan internal KPPN tahun 2017, dan peringkat III The best performance of budget execution manager 2017.


Acara dibuka oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Akmil atas diberikan izin menggunakan fasilitas yang dimiliki Akmil. Belajar di Akmil berarti belajar sisi yang lain dari pengelolaan APBN, yaitu tentang semangat dan kedisiplinan yang berguna dalam meningkatkan kinerja.

Dirjen Perbendaharaan berpesan bahwa tahun 2018 adalah tahun penuh tantangan, mengelola APBN lebih dari 2000 trilyun, insan DJPb agar selalu amanah dan semangat dalam meningkatkan kinerjanya agar setiap rupiah yang keluar dari APBN mempunyai nilai yang bisa menggerakkan roda perekonomian. Ditjen Perbendaharaan selalu memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat untuk modernisasi pengelolaan APBN. Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan Piagam The Best Employee oleh Direktur Jenderal Perbendaraan kepada 15 pegawai pelaksana dari 15 KPPN.


Hari kedua kegiatan jambore di isi dengan foto bersama Direktur Jenderal Perbendaharaan di lapangan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Dilanjutkan kegiatan outbond dipandu tim psikolog dari Akmil. Kegiatan outbond berupa permainan kelompok mengajarkan kerja sama, sinergi, mengatur strategi, dan tolong menolong untuk mencapai tujuan.

Dilanjutkan sore hari dengan lomba cerdas cermat antar KPPN yang melibatkan 15 KPPN. Pada lomba ini Tim KPPN Cilacap berhasil masuk babak final dan meraih juara II. Malam hari diadakan lomba performance dari setiap KPPN. Tim KPPN Cilacap menampilkan Tari Tradisional yaitu Tari Baladewan Turonggo Putro yang merupakan perpaduan antara iringan musik khas Calung Baladewan Banyumasan dengan gerak tari kuda Calung (yang dikenal oleh masyarakat Cilacap sebagai kesenian tradisional Ebeg).


Pada hari ketiga pelaksanaan jambore, peserta dibawa berkeliling komplek TNI Panca Arga untuk menyaksikan marching band Taruna Akmil dalam car free day yang dilanjutkan dengan mengunjungi kawasan produksi pangan (propang). Acara jambore ditutup oleh Kepala Bagian Umum Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah Yuni Wibawa. Dalam sambutan penutupan, Yuni menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Akmil dan kepada seluruh KPPN atas support yang luar biasa dan dalam setiap acara dipersiapkan dengan matang (DYY).

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search