Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

"SATKER LINGKUP KPPN CILACAP IKUTI SOSIALISASI STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN"

(Cilacap, 15 Mei 2018) Antusiasme peserta dapat dirasakan hingga akhir acara Sosialisasi Standar Akuntansi Pemerintahan Lingkup KPPN Tahun 2018,

yang diselenggarakan oleh KPPN Cilacap bekerja sama dengan Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan DJPb. Bertempat di aula KPPN Cilacap kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 15 Mei 2018 dihadiri oleh 90 orang peserta terdiri dari staf satuan kerja yang menangani perencanaan, pelaksanaan anggaran, akuntansi dan pelaporan keuangan, serta pelaporan barang milik negara. Kegiatan sosialisasi yang mengusung tema “Artikulasi Laporan Keuangan Dalam Analisis”, diawali dengan pembukaan dan penyampaian current issues oleh Kepala KPPN Cilacap, Joko Supriyanto. “Yang selalu ditanyakan oleh pimpinan kami, apa makna dari Laporan Keuangan bagi kita? agar kegunaan laporan keuangan bisa bertambah dimasa yang akan datang”, ungkap Beliau.

KPPN Cilacap tidak pernah bosan selalu mengingatkan Satker untuk memenuhid administrasi pengajuan SPM maupun penyampaian laporan sesuai ketentuan yang ada. “Yang sedang ditunggu-tunggu saat ini oleh kita adalah opini Laporan Keuangan dari BPK”, tambah Beliau. Kepala KPPN Cilacap berharap semua Kementerian Negara/ Lembaga yang ada di Cilacap memperoleh opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Disampaikan juga Current Issues yang ada saat ini yaitu peraturan baru terkait implementasi SAP berbasis akrual, E-Rekon, Transaksi Dalam Konfirmasi (TDK), Likuidasi Satker Inaktif, Selisih Transaksi Antar Entitas (TAE), Pengungkapan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) dan persiapan penyusunan Laporan Keuangan Semester I 2018. 

Sebelum penyampaian materi oleh narasumber dari Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan DJPb, para peserta diberikan pre test untuk mengukur seberapa jauh pemahaman satker mengenai standar akuntansi pemerintah. Dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan (PSAP) 01 Penyajian Laporan Keuangan dan Analisis Laporan Keuangan Sesi I dan II oleh narasumber dan moderator secara bergantian Wahyu Triyoga, Kursus dan Wakhid Fatwan. Materi PSAP 01 meliputi tujuan, ruang lingkup, basis akuntansi, tanggung jawab pelaporan keuangan, informasi laporan keuangan, komponen-komponen laporan keuangan serta struktur dan isi laporan keuangan. Materi analisis laporan keuangan meliputi latar belakang, analisis perbedaan LRA dan LO, analisis beban persediaan, analisis belanja vs beban pemeliharaan, analisis beban penyusutan, analisis penyisihan piutang serta analisis pendapatan dan beban penyesuaian nilai persediaan. 

Pada akhir acara dilakukan sesi tanya jawab dan pemberian souvenir kepada 3 peserta dengan nilai post test tertinggi dan tercepat, Imron Ari Subekti dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap, Arief Gunawan dari Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas III Tunggul Wulung Cilacap dan Fathur Rokhman dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cilacap. Kemudian dilakukan penyerahan sertifikat peserta sosialisasi secara simbolis kepada Teguh Nugroho dari Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Nusakambangan dan Suswati dari Madrasah Tsanawiyah Negeri Nusawungu. 

Dengan adanya kegiatan Sosialisasi Standar Akuntansi Pemerintahan, diharapkan Satuan Kerja dapat menyusun laporan keuangan dengan lebih baik, menyajikan data keuangan yang akurat, transparan dan akuntabel. Karena laporan keuangan selain sebagai pertanggungjawaban atas pelaksanaan anggaran tahun yang lalu, juga berguna sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan di tahun berikutnya, serta sebagai dasar pengambilan kebijakan di masa mendatang. (3W)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search