Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

“KAMPANYE INTEGRITAS : MENGINGAT KEMBALI KOMITMEN DIRI”

Cilacap, 29 Juni 2018) Mengenakan seragam putih hitam, seluruh pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cilacap,hari ini, Jum’at 29 Juni 2018, bertempat di berbagai area kantor, melakukan kegiatan kampanye.

Bukan untuk mendukung salah satu calon kepala daerah, karena pilkada juga telah usai, tetapi “Integrity campaign”. Kampanye untuk mengingatkan kembali komitmen integritas yang telah dicanangkan sejak tahun 2011, melalui keputusan menteri keuangan nomor 312/KMK.01/2011 tentang Nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Dengan menggenggam poster bertuliskan “no korupsi”, “wani jujur maen mbok”, ”urip tentrem tanpo korupsi”, “menegakkan integritas mengemban kepercayaan”, “terimakasih tidak memberi gratifikasi”, “berani jujur hebat”, “tolak gratifikasi”, “tidak menerima suap”, “melayani tanpa biaya 100% gratis”, menggambarkan betapa besar komitmen yang ditunjukkan oleh KPPN Cilacap dalam menjaga integritas.

Kementerian Keuangan tahun 2010 telah memulai Program Transformasi Kelembagaan. Tahun-tahun sebelumnya, reformasi birokrasi berfokus pada penataan organisasi, proses bisnis, dan manajemen SDM, sedangkan Transformasi Kelembagaan yang merupakan kelanjutan dari program reformasi birokrasi itu sendiri yang lebih berfokus pada perubahan budaya ataupun sebagai wujud dari change management menuju Kementerian Keuangan yang lebih efektif, efisien, kredibel, dan berperan strategis dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Ditjen Perbendaharaan sebagai bagian dari Kementerian Keuangan telah berhasil melakukan Reformasi Birokrasi dengan berbagai prestasi yang telah diraih. Saat ini Transformasi Kelembagaan yang dilakukan Ditjen Perbendaharan adalah pengejawantahan program Kementerian Keuangan. Kementerian Keuangan bertransformasi untuk meninggalkan sekat-sekat sektoral, lebih berorientasi pada proses bisnis yang terintegrasi, berbasis teknologi informasi dan sumber daya manusia yang unggul. Sebagai insan Ditjen Perbendaharaan, kita harus siap mengartikulasikan transformasi kelembagaan tersebut, dan harus semakin mampu melakukan penajaman fungsi treasury, serta harus dapat menempatkan posisi dan peran pengelolaan perbendaharaan Negara diantara pengelolaan keuangan negara yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan.

KPPN Cilacap sebagai instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan yang bersentuhan langsung dengan stakeholders memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan Transformasi Kelembagaan.Kegiatan penguatan nilai-nilai kementerian keuangan juga dilakukan melalui In House Training (IHT). Kegiatan untuk menjaga nilai-nilai tersebut agar tidak luntur dan hilang. Melalui kampanye integritas diharapkan nilai integritas terus menggema di hati pegawai KPPN Cilacap dan terwujud dalam perilaku. Seperti keimanan seseorang, integritas pun bisa bertambah dan berkurang, suntikan-suntikan energi untuk selalu menjaga integritas perlu diberikan. Dalam kegiatan “Integrity campaign” ini secara simbolis dilakukan pelepasan burung merpati, yang menandakan KPPN Cilacap telah bebas dari korupsi.

Kontributor : Tri Wahyuningsih

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search