Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN Cilacap Tuan Rumah Rakorwil DJPb Jateng

 

(21/11/2018) Menghadapi akhir tahun anggaran 2018, Kanwil Direktorat Jenderal  Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil), 15-17 November 2018, bertempat di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cilacap. Penyelenggaraan rakorwil ini merupakan yang ke tiga kalinya selama tahun 2018 setelah sebelumnya dilaksanakan di Tegal dan Salatiga. Mengambil tema “Semangat Menjaga Kebersamaan Meraih Asa DJPb Jaya”, Rakorwil diikuti oleh 62 peserta, terdiri dari Kepala KPPN dan Kepala Bidang/Bagian Umum serta Pejabat Pengawas lingkup Kanwil DJPb  Provinsi Jawa Tengah.

Dalam pembukaan acara tersebut, para pegawai KPPN Cilacap mempersembahkan penampilan tari Kuda Calung, yaitu tari tradisional Kabupaten Cilacap yang menggambarkan semangat prajurit berkuda yang gagah perkasa, trengginas, dan cekatan, sebagaimana semangat pegawai KPPN Cilacap dalam melayani mitra kerjanya.

Kepala KPPN Cilacap Joko Supriyanto dalam sambutan selamat datangnya, mengungkapkan rasa syukur dan senangnya atas kepercayaan yang diberikan kepada KPPN Cilacap sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rakorwil III Tahun 2018.

Ketua Panitia Kepala Bagian Umum Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, Yuni Wibawa, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Rakorwil III Tahun 2018 yaitu dalam rangka pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran anggaran pada akhir tahun 2018, memperkokoh komitmen unit kerja lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah untuk menyukseskan program kerja Direktorat Jenderal Perbendaharaan, serta menindaklanjuti hasil Rapat Pimpinan Nasional II Tahun 2018.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah Sulaimansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakorwil merupakan ajang penting untuk mengawal program - program strategis Ditjen Perbendaharaan sekaligus menyampaikan hasil Rapimnas. Dengan adanya Rakorwil ini  diharapkan menghasilkan hal-hal yang luar biasa, sangat penting, dan strategis.

Hari kedua Rakorwil dimulai dengan acara senam bersama di halaman KPPN, dilanjutkan penyampaian materi terkait Evaluasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Strategis Menjelang Akhir Tahun Anggaran 2018 oleh Kabag Umum dan para Kepala Bidang di Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, dilanjutkan dengan materi Kartu Kredit Pemerintah dari Bank Mandiri Kanwil Semarang.

Agenda berikutnya yakni Sharing Session tentang Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa, Pembangunan Zona Integritas  (ZI) menuju predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Hasil Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan Itjen Kementerian Keuangan.
Sesi motivasi disampaikan oleh Sulaimansyah, tentang Manajemen Stress, yaitu kemampuan dalam menggunakan sumber daya (manusia) secara efektif untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang muncul karena tanggapan (respon).

Sebelum penutupan diselenggarakan Malam Apresiasi dan Ramah Tamah. Pada kesempatan ini diserahkan Sertifikat ISO 9001:2015 oleh Kepala Kanwil kepada 15 Kepala KPPN. Dilanjutkan penyerahan penghargaan kepada KPPN yang berprestasi, agar bisa menjadi penyemangat meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Sederet penghargaan diraih KPPN Cilacap yaitu Peringkat Pertama Hasil Pembinaan dan Supervisi Kategori KPPN Type A2, KPPN Terbaik Pelayanan Kehumasan dan Pelayanan Publik Tahun 2017, Peringkat Satu Pengelolaan Kinerja Terbaik Kategori KPPN Type A2, Peringkat Tiga Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Kuasa BUN Tahun 2017, Peringkat Tiga The Best Performance Kinerja Pelaksanaan Anggaran, dan Peringkat Dua Kinerja Pelaksanaan Anggaran Kuasa BUN Kategori KPPN Type A2.

Malam apresiasi dan ramah tamah di meriahkan juga dengan penampilan musik spesial Rampak Kenthong, Opera Dangdut Rhoma dan Ani, dan beberapa persembahan lagu dari peserta Rakorwil. Mengakhiri acara, sebagai ucapan terima kasih diserahkan piagam penghargaan kepada Kepala KPPN Cilacap sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rakorwil III Tahun 2018.

Di hari ketiga kegiatan Rakorwil dilakukan kunjungan ke pulau Nusakambangan untuk sharing session dengan pejabat perbendaharaan beberapa Lapas di Nusakambangan bertempat di LP Batu. (3W)


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search