Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

“MENGUATKAN SINERGI, KPPN CILACAP GELAR RAKOR PERBANKAN TAHUN ANGGARAN 2018”

(Cilacap, 13 Desember 2018) Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cilacap menggelar Rapat Koordinasi Perbankan Tahun Anggaran 2018 pada hari Kamis tanggal 13 Desember 2018. Bertempat di aula KPPN Cilacap, kegiatan yang mengundang 10 (sepuluh) Bank/Pos Persepsi dan Bank Operasional mitra kerja KPPN Cilacap mengambil tema “Meningkatkan Sinergi Untuk Mengawal dan Mengamankan Penerimaan dan Belanja Negara Akhir Tahun Anggaran 2018”. Kepala KPPN Cilacap Joko Supriyanto dalam sambutannya menyampaikan, tahun ini tidak ada APBN-Perubahan sehingga Kementerian Keuangan optimis penyerapan anggaran tahun ini optimal dan meminta dukungan perbankan agar penerimaan negara tahun ini dapat tercapai maksimal. Selain itu, Kepala KPPN Cilacap juga berharap sinergi dengan perbankan terus terjalin dengan baik dan kuat.

Acara selanjutnya penyampaian materi Monitoring dan Evaluasi Bank/Pos Persepsi, Rekonsiliasi Rekening, Optimalisasi CMS, Pelaksanaan Penerimaan Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2018 dan Asistensi Kode Billing oleh Kepala Seksi Bank, Lilik Basuki dan pelaksana Seksi Bank, Feranita Anggaraheni. Kepala Seksi Bank menyampaikan bahwa sesuai ketentuan KPPN melakukan monev setiap triwulan terhadap Kantor Cabang Bank/Pos Persepsi, Beliau juga menjelaskan tentang kewajiban Bank Cabang melakukan rekonsiliasi data rekening dengan KPPN setiap bulan paling lambat tanggal 20. Disinggung pula terkait dengan optimalisasi internet banking/CMS untuk mendukung pelaksanaan tugas bendahara yang lebih efektif dan efisien.

Sehubungan dengan Pelaksanaan Penerimaan Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2018, Feranita menegaskan pengaturan jam buka/tutup loket penerimaan negara. Bank/pos persepsi agar membuka loket setoran penerimaan negara pada Senin tanggal 31 Desember 2018 minimal hingga pukul 17.00 WIB dan memastikan bahwa seluruh fasilitas penyetoran penerimaan negara melalui kanal elektronik (ATM/Internet banking/Mobile banking/EDC/dll) aktif. Bank/Pos Persepsi juga diminta penyediaan asistensi pembuatan Kode Billing oleh petugas bank/pos persepsi kepada Wajib Pajak untuk memudahkan penyetoran penerimaan negara.

Rakor perbankan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang dipimpin langsung oleh Kepala KPPN Cilacap. Seluruh  Bank/Pos Persepsi menyatakan kesiapannya menghadapi akhir tahun 2018. Bahkan Kantor Cabang Bank Mandiri, BRI dan Kantor Pos menyatakan kesediaannya membuka loket penerimaan negara pada hari Sabtu tanggal 29 Desember 2018. (Tri W)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search