Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

“BUPATI CILACAP SERAHKAN DIPA TAHUN ANGGARAN 2019”

(Cilacap-Kamis 20 Desember 2018) Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, pertama kalinya mengunjungi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cilacap untuk menghadiri acara serah terima DIPA Tahun Anggaran 2019. Penyerahan DIPA Satuan Kerja di lingkup pembayaran KPPN Cilacap yang beberapa tahun ini diadakan di Kompleks Kantor Bupati Cilacap, kali ini dilaksanakan di Aula KPPN Cilacap. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB dihadiri oleh Bupati Cilacap,  Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah  Kabupaten Cilacap, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) atau Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) Satuan Kerja wilayah pembayaran KPPN Cilacap.


Kegiatan penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2019 mengusung tema “APBN Untuk Mendorong Investasi dan Daya Saing Melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia”. Hal ini sejalan dengan rencana kerja pemerintah di tahun 2019 yaitu “Pemerataan Pembangunan Untuk Pertumbuhan Yang Berkualitas.

Dalam laporannya, Kepala KPPN Cilacap, Joko Supriyanto menyampaikan tahun 2019 KPPN Cilacap menerima 49 DIPA dengan total pagu anggaran sebesar 724 milyar yang dialokasikan untuk instansi vertikal dan satuan kerja non vertikal tertentu dengan jenis kewenangan kantor pusat. Sedangkan untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa yang disalurkan melalui KPPN Cilacap tahun anggaran 2019 pagu anggaran sebesar 127 milyar dan 287 milyar. “Sampai dengan saat ini, realisasi anggaran tahun ini telah mencapai 89%, di akhir tahun diharapkan bisa mencapai 90 sampai dengan 95%,” ungkap Kepala KPPN Cilacap dalam laporannya. 


Kepala KPPN Cilacap menyampaikan bahwa saat ini seluruh KPPN di Indonesia berhasil mendapat sertifikat ISO 9001:2015, sehingga diharapkan bisa meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik. Direktorat Jenderal Perbendaharaan juga telah menetapkan KPPN Cilacap memenuhi kriteria zona integritas menuju WBK/WBBM dengan nilai 88.

Sebelum menyampaikan sambutan, Bupati Cilacap, secara simbolis menyerahkan DIPA Tahun Anggaran 2019 kepada perwakilan tujuh Satuan Kerja yaitu Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Cilacap, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Cilacap, Badan Pusat Statistik Cilacap, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap, Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap, Politeknik Negeri Cilacap dan Lembaga Pemasyarakatan Batu.


Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya, menyampaikan tema penyerahan DIPA yang menarik yaitu kita dituntut untuk membangun dan meningkatkan daya saing. Beliau mengharapkan kegiatan yang dilaksanakan di tahun 2019 telah direncanakan dengan baik. Perencanaan yang baik akan menghemat waktu dan hasilnya lebih maksimal. Perencanaan juga akan membuat kita bekerja lebih hati-hati dan aman.

Selanjutnya acara serah terima DIPA diisi dengan sosialisasi “Implementasi Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga Tahun Anggaran 2019” oleh Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker, Kun Sri Hartanto. Langkah langkah Strategis  Pelaksanaan Anggaran K/L  TA 2019 antara lain melakukan reviu atas perencanaan kegiatan, penyerapan, dan capaian kinerja, peningkatan penertiban penyampaian data suplier dan data kontrak, ketepatan waktu penyelesaian tagihan, pengendalian pengelolaan UP / TUP, antisipasi dan penyelesaian pagu minus, akurasi penyaluran dana bantuan sosial dan bantuan pemerintah secara tepat waktu dan tepat sasaran, serta Rencana Penarikan Dana (RPD) Bulanan dan Revisi Halaman III DIPA.

Secara simbolis juga dilakukan penandatanganan pakta integritas dan deklarasi akurasi RPD Bulanan oleh Kepala KPPN Cilacap dan perwakilan 5 Satuan Kerja. Pakta integritas sebagai komitmen KPPN dan Satuan Kerja untuk menjaga integritas, tidak menerima atau memberi suap dan gratifikasi. Deklarasi akurasi RPD Bulanan sebagai komitmen mewujudkan Rencana Penarikan Dana (RPD) Bulanan pada Halaman III DIPA yang akurat dengan deviasi maksimal 20%. Rencana Penarikan Dana Bulanan adalah rencana penarikan kebutuhan dana bulanan untuk pelaksanaan kegiatan  satuan kerja dalam periode 1 (satu) tahun yang dituangkan dalam Halaman III DIPA. Untuk menyesuaikan RPD Bulanan dilakukan Revisi Halaman III DIPA dilaksanakan setiap 2 bulan merupakan revisi administrasi dan tidak mengurangi nilai IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran).


Pada bagian akhir, dilaksanakan ramah tamah yang dilanjutkan dengan penyerahan DIPA TA 2019 dan penandatanganan Berita Acara Serah Terima DIPA TA 2019 untuk seluruh Satuan Kerja.  (3W)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search