Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

“KPPN Cilacap Membangun Sinergi”

(Cilacap, 23 Februari 2019 ) “Alhamdulillah kita akhirnya berhasil melaksanakan salah satu kegiatan kita, kebersamaan kita malam hari ini dan besok untuk bersenang-senang setelah lebih dari satu setengah tahun ini saya banyak memberikan tugas dan pekerjaan kepada bapak dan ibu ” tutur Kepala KPPN Cilacap, Joko Supriyanto pada pembukaan kegiatan Capacity Building pegawai KPPN Cilacap yang diselenggarakan di Fave Hotel Cilacap tanggal 22 s.d. 23 Februari 2019. Mendatangkan trainer dari Balai Diklat Kepemimpinan Magelang, Yo Supriyanto yang biasa dipanggil “Kak Yo”, seorang Certified Instructor Hypnotherapy, Certified Public Speaker Registerd dan Certified Professional Coach. “Malam hari ini sesuai dengan tema kita ingin meningkatkan sinergi dan produktivitas kinerja,” ujar Kepala KPPN Cilacap.

Diiringi musik dari lagu “kewer-kewer” Kak Yo memulai acara dengan mengajak pegawai melakukan gerakan pemanasan. “Sinergi is better than my way or your way, it’s our way,” ungkap Kak Yo pada kegiatan sesi malam. Sinergi dapat diwujudkan melalui interaction, cooperation, combined effort dan give & take. Bersinergi tidak mementingkan diri sendiri namun berpikir untuk kepentingan bersama. “Beberapa cara memelihara sinergi adalah tidak menilai buruk orang lain, berbuatlah kepada orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan oleh orang lain, jangan memberikan janji yang anda tak yakin bisa menepatinya dan jangan mengecewakan harapan orang lain,” jelas Kak Yo.  “Jika kita belum bisa menjadikan KPPN Cilacap sebagai juara, maka kita jangan menjadi penyebab KPPN Cilacap bercitra buruk,” pesan Kak Yo pada akhir sesi.

Disuguhi keindahan pemandangan laut di sebelah selatan dan pemandangan kota Cilacap di sebelah utara, kegiatan capacity building sesi Sabtu pagi dilaksanakan di rooftop Fave Hotel Cilacap. Beberapa permainan tim dilakukan untuk melatih komunikasi, kekompakan dan kerjasama. Dibagi menjadi 2 tim, mengurutkan anggota tim berdasarkan tinggi badan mengawali permainan. Dilanjutkan mengurutkan berdasarkan ukuran sepatu, nama dan tempat lahir membuat seru permainan. Komunikasi menjadi kunci utama agar tidak terjadi kesalahan. Permainan berikutnya Tarzan, Jean dan Singa membutuhkan kekompakan dan strategi tim dalam menentukan pilihan untuk bisa menang.

Sambil bergandengan tangan menggulirkan kain sarung dalam lingkaran manusia memanaskan persaingan kedua tim. Kerjasama tim menentukan siapa yang tercepat menyelesaikan permainan. Menyusun menara sedotan plastik menggunakan tangan kiri menjadi tantangan tersendiri untuk menghasilkan ide yang cemerlang. Sorak sorai pemenang di setiap permainan menggambarkan semangat yang kuat pegawai KPPN Cilacap menghadapi setiap tantangan. Yel-yel tim menambah motivasi menyelesaikan setiap permainan.

Sebagai seorang Certified Instructor Hypnotherapy, Kak Yo mengajak para pegawai untuk melakukan relaksasi melalui sugesti yang diberikan. Beberapa pegawai berharap dapat diberikan sugesti untuk menghilangkan sifat-sifat kurang baik yang dimiliki. Diskusi tentang sifat positif dan negatif pegawai yang sempat dituliskan oleh rekan kerja pada sesi malam hari memberikan pelajaran berharga. Kedekatan hubungan antar pegawai dapat tercermin dari kelapangan hati kita untuk menerima kritik dan masukan dari orang lain. Koreksi dari orang lain membuat kita berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. “Sinergi yang kita bangun melalui kegiatan ini, diharapkan akan meningkatkan produktivitas kinerja kita,” kata Kepala KPPN Cilacap menutup rangkaian kegiatan capacity building pegawai KPPN Cilacap. (3W)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search