Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

BIMTEK PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN : Sinergi untuk LKPP yang berkualitas

Selasa, 5 Maret 2019, KPPN Cilacap kembali mengadakan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) penyusunan laporan keuangan tingkat UAKPA Tahun 2018 dan kewajiban perpajakan bagi satuan kerja dengan tema Sinergi untuk LKPP yang berkualitas dan Pajak untuk Kemakmuran Rakyat. Kegiatan ini bertempat di Ruangan Aula KPPN Cilacap diikuti oleh petugas operator aplikasi SAIBA dan SIMAK BMN dari seluruh satuan kerja mitra KPPN Cilacap.


Kegiatan bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman lebih mendalam kepada para penyusun laporan keuangan agar pengetahuannya tidak hanya sebatas mengoperasikan aplikasi tetapi juga dapat menganalisis laporan keuangan yang dihasilkan sehingga diharapkan lebih baik dari laporan-laporan tahun sebelumnya. Hal ini merupakan salah satu wujud dari usaha mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas LKPP tahun 2017 lalu.

Sebelum penyampaian materi, diselenggarakan pre test terlebih dahulu untuk mengukur kemampuan dan pemahaman peserta bimtek sebelum mengikuti materi bimtek. Peserta dengan nilai tertinggi mendapat doorprize menarik untuk memacu semangat peserta bimtek yang lainnya.

Kepala KPPN Joko Supriyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk dapat menyajikan laporan keuangan yang berkualitas maka penyusunan harus sesuai Standar Akuntansi Pemerintah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010. Prinsip-prinsip pengukuran, penyajian dan pengungkapan harus sesuai Standar Akuntansi Pemerintah. Tata Cara penyusunan Laporan Keuangan berpedoman pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.05/2016 dan Nomor 225/PMK.05/2016

Materi sesi pertama disampaikan oleh Kepala Seksi Veraki Joko Triyanto yang menyajikan paparan materi Tata Cara Penyampaian dan Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga. Berlanjut ke sesi kedua, pemaparan materi disampaikan oleh Joko Supriyanto yang menyajikan paparan Review Laporan Keuangan Tingkat UAKPA satker Lingkup KPPN Cilacap dan  dilanjutkan Sri Agustina menyajikan paparan materi Proses Bisnis Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga dan Update Aplikasi SAIBA dan SIMAK BMN. Dilanjutkan dengan diskusi yang berlangsung sangat komunikatif dan menarik dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta dan langsung dijawab oleh narasumber.

Setelah pemaparan materi, diadakan post test untuk menguji pemahaman peserta pelatihan dan nilai post test tersebut menjadi salah satu penilaian IKU tingkat efektivitas edukasi dan komunikasi. Bimtek ini diharapkan menjadi salah satu sarana transfer knowledge dan sharing knowledge antara Satuan Kerja dan KPPN dalam pelaksanaan tugas khususnya penyusunan laporan keuangan.

Paparan pada sesi ketiga  menampilkan pembicara dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cilacap, sebagai bentuk sinergi antar unit vertikal Kementerian Keuangan. Tujuan pemberian materi perpajakan adalah agar peserta menjadi paham terkait kewajiban perpajakan pada satuan kerja. Nara sumber dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cilacap yaitu Gunawan yang menyajikan materi Kewajiban Perpajakan Bendahara Pemerintah dan Rasimun yang memaparkan materi Tata Cara Pembuatan SPT Tahunan.

Pada akhir acara, diberikan doorprize kepada Satker yang memperoleh nilai pre test tertinggi. Ketiga satuan kerja tersebut adalah MTsN 1 Cilacap, Rubasan dan KSOP Cilacap. Hadiah diserahkan secara langsung oleh Joko Triyanto selaku Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal pada KPPN Cilacap. (Pertama Hendro.P)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search