Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Publikasi Karya Inovasi dan Survei Kepuasan Layanan

Dalam upaya mendukung terwujudnya WBK/WBBM (Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) KPPN Cilacap menciptakan berbagai inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas  layanan kepada Satuan Kerja (Satker). Agar Satker lebih mengenal inovasi-inovasi yang ada, Selasa tanggal 26 Maret 2019 digelar Publikasi Karya Inovasi bersamaan dengan kegiatan Survei Kepuasan dan Suvei Hasil Pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Bertempat di Aula KPPN Cilacap, kegiatan ini mengundang 41 petugas Satker yang mendapatkan layanan langsung dari KPPN.

Kepala KPPN Cilacap Joko Supriyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui survei kepuasan ini masukan-masukan dari Satker sangat berguna untuk membangun KPPN Cilacap menjadi lebih baik. Berbagai masukan mengenai pelayanan sebisa mungkin akan ditindaklanjuti. “Saat ini penerapan WBK/WBBM di KPPN Cilacap memasuki tahap penilaian dari Tim Penilai Kementerian (TPK) dan Tim Penilai Nasional (TPN), kami memohon dukungan dari bapak ibu semua, karena tujuan kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kantor Pemerintah adalah memberi pelayanan bebas korupsi,” ujar Kepala KPPN Cilacap. Kepala KPPN Cilacap juga mendorong agar setiap Satker di KPPN Cilacap mempunyai prestasi di Kementerian masing-masing. Satker cerdas dan mandiri menjadi “Smart Satker”.

Selanjutnya dilaksanakan Survei Hasil Pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang dipandu oleh Wahju Indah Anggraheni dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi jawa Tengah. Tujuan dilaksanakan survei untuk mengetahui sejauh mana pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di KPPN Cilacap memberi manfaat bagi Satker. Sedangkan Survei Kepuasan terhadap layanan KPPN Semester I tahun 2019 dipandu oleh Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker, Kun Sri Hartanto bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan Satker terhadap berbagai layanan yang diberikan oleh KPPN. Setelah dilakukan tabulasi Survei Kepuasan Semester I tahun 2019, KPPN Cilacap mendapat nilai akhir sebesar 4,86 dari skala 5. Dengan rincian kinerja layanan pencairan dana 4,82, kinerja layanan bimbingan dan konsultasi 4,85, kinerja layanan konfirmasi surat setoran 4,83, kinerja layanan rekonsiliasi laporan keuangan 4,86 dan sarana prasarana 4,91. Capaian ini menunjukkan jika Satker sangat puas dengan layanan KPPN Cilacap.

Pada sesi akhir Sri Agustina menyampaikan publikasi karya inovasi KPPN Cilacap yang telah dikembangkan hingga saat ini. Terdapat 19 inovasi yang dimiliki yaitu Buku Pintar Satker, SKPP On Call, e-Con Express, Pojok MPN G2, Digital Informasi Alur Layanan (DIAL), Buku Profil Satker, Loker Satker Mandiri, Kompusa (Komputer Untuk Satker), Forum KPA, Komando (Komunikasi Aktif dengan pimpinan dan Stakeholders), Fasilitas Difabel, Kawasan Responsif Gender, KPPN Menyapa di Udara, Digital Info KPPN, Treasury Goes To School, Costumer Excellence Award, GASEBA ( Garasi Senyum Bahagia), BBT (Berbagi Bibit Tanaman) dan Ramah dan Peduli Lingkungan (RAPEL). Berbagai inovasi di KPPN Cilacap diharapkan akan meningkatkan kepuasan layanan KPPN Cilacap.

Sugeng dari MAN 2 Cilacap sebagai pengguna layanan KPPN Cilacap menuturkan Loker Satker Mandiri merupakan inovasi yang sederhana namun sangat membantu Satker dalam pengambilan berkas SP2D maupun konfirmasi surat setoran sehingga tidak perlu mengantri. “Kami pernah memanfaat inovasi GASEBA untuk kegiatan sharing session, lingkungan KPPN Cilacap yang hijau dan asri menunjukkan KPPN Cilacap ramah dan peduli lingkungan,” pungkasnya. (3w)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search