Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

“KPPN Cilacap Lakukan Simulasi Evakuasi Gempa dan Tsunami”

(Cilacap, 26 April 2019) Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cilacap bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap melakukan simulasi evakuasi gempa dan tsunami pada tanggal 26 April 2019 yang bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), sesuai dengan himbauan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang ditindaklanjuti oleh seluruh jajaran Kementerian Keuangan untuk melaksanakan latihan evakuasi bencana secara serentak pada jam 10.00 – 12.00 waktu setempat.

Cilacap termasuk daerah rawan gempa dan sekaligus tsunami karena letaknya yang berada di pesisir pantai, Petugas BPBD Kab. Cilacap menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan apabila terjadi gempa bumi. Tindakan penyelamatan diri untuk melindungi kepala dengan benda keras, berlindung di bawah meja atau sejenisnya dan menghindari kaca, dapat juga berlindung di “segitiga kehidupan”. Setelah getaran berlalu segera lari menuju ke lapangan terbuka. Apabila diketahui informasi dari BMKG gempa bumi dapat menimbulkan tsunami maka melakukan evakuasi secara horizontal yaitu menjauhi bibir pantai sejauh-jauhnya atau evakuasi secara vertikal yaitu dengan menaiki tempat-tempat/gedung-gedung tinggi yang ada disekitar, dengan catatan kondisi tempat/gedung masih cukup aman.

Pukul 10.00 getaran bumi yang keras dirasakan oleh seluruh pegawai KPPN Cilacap, benda-benda di dalam gedung kantor berjatuhan, dinding sebagian retak-retak dan sirine tanda bahaya berbunyi. Para pegawai segera berlindung di bawah meja. Setelah gempa berhenti pegawai diarahkan keluar gedung kantor menuju ke titik kumpul yang berada di halaman parkir. Diketahui informasi dari BMKG gempa berkekuatan 8,8 SR berpotensi menimbulkan tsunami yang melanda pesisir Cilacap sejauh 3 km, dengan waktu kedatangan 36 menit dan tinggi gelombang diperkirakan 8,5m. Setelah dilakukan pengecekan kondisi gedung KPPN Cilacap oleh satpam dan petugas yang ditunjuk, gedung dinyatakan aman. Seluruh pegawai segera menuju lantai 2 gedung KPPN Cilacap untuk penyelamatan dari tsunami. Satu jam setelah gempa dan potensi tsunami BMKG menginformasikan berakhirnya potensi tsunami, seluruh pegawai selamat dari bencana gempa bumi dan tsunami.(3W)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search