Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

“On Air : Menuju WBK/WBBM”

(Cilacap, 29 April 2019) Menyapa masyarakat Cilacap, KPPN kembali hadir dalam program Yes Talkshow, Kamis 25 April 2019. Dengan narasumber Kepala KPPN Cilacap Joko Supriyanto menggandeng Polres Cilacap sebagai Satker mitra kerja KPPN Cilacap yang sudah mencanangkan pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM, diwakili oleh Kabag Perencanaan Polres Cilacap AKP Agus Subiyanto. Mengangkat tema tentang “Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM”, dipandu oleh Bang Tebe dari Yes Radio dimulai pukul 11.00 s.d. 12.00 WIB. Joko Supriyanto menjelaskan WBK/WBBM (Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang bebas dari korupsi dan melayani publik dengan baik. Polres Cilacap telah melakukan pencanangan zona integritas menuju WBK/WBBM pada tanggal 29 Maret 2019, sedangkan KPPN Cilacap telah melakukan pencanangan sejak tahun 2018 dan saat ini sedang dalam tahapan penilaian oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian PAN/RB. Publikasi melalui radio ini sebagai upaya untuk mensosialisasikan program WBK/WBBM kepada masyarakat luas.

AKP Agus Subiyanto menyampaikan bahwa sebelum pencanangan zona integritas menuju WBK/WBBM telah dilakukan sosialisasi internal di Polres maupun Polsek, setiap apel diserukan yel-yel zona integritas oleh seluruh anggota,  di ruangan-ruangan dipasang banner zona integritas dan pada pelaksanaannya ada pengawasan internal untuk membentuk pola pikir dan budaya kerja sesuai ketentuan. Pelatihan kepada petugas layanan dan inovasi dalam pelayanan dilakukan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat. Beberapa contoh inovasi yaitu pojok baca, gratis minum, ruang laktasi dan layanan difabel. Sedangkan untuk sosialisasi eksternal, di kecamatan-kecamatan dipasang spanduk yang menyampaikan bahwa Polres Cilacap sedang membangun zona integritas menuju WBK/WBBM, publikasi melalui website, media sosial dan videotron di persimpangan lampu merah. Polres Cilacap juga telah menyiapkan ruang/tempat pengaduan terkait pelayanan atau dapat melalui call center di 110 untuk pengaduan.

Untuk KPPN Cilacap, Joko Supriyanto menyampaikan bahwa telah dilakukan pembinaan internal melalui GKM (Gugus Kendali Mutu) tentang kode etik dan kepatuhan internal. Sedangkan secara ekternal dilakukan kampanye anti korupsi dan gratifikasi kepada pengguna layanan KPPN Cilacap. Survei kepuasan kepada stakeholder untuk mengetahui kelemahan yang harus diperbaiki dan memperoleh masukan. Berbagai inovasi telah dilakukan KPPN Cilacap, ada 19 inovasi, salah satunya SKPP on call, layanan yang sering digunakan oleh Polres Cilacap sebagai mitra kerja KPPN Cilacap. Disediakan juga layanan pengaduan resmi melalui whistleblowing system di wise.kemenkeu.go.id, sistem informasi pengelolaan pengaduan (sipandu) di pengaduandjpb.kemenkeu.go.id dan hotline pengaduan KPPN Cilacap di 089675816733. Pada pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM tahun lalu KPPN Cilacap mendapat nilai 88, memenuhi batas minimal 75 dan diusulkan untuk ikut penilaian WBK/WBBM tingkat kementerian dan nasional pada tahun ini. Target WBK saat ini mendapat nilai mendekati 100.

Pada program WBK/WBBM kendala yang dihadapi baik di KPPN Cilacap maupun Polres Cilacap adalah pengumpulan dokumen administrasi. Setiap kegiatan yang dilakukan harus ada dokumentasinya. Syarat yang ditentukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sangat banyak, perlu waktu dan tenaga untuk mengumpulkan dokumen.

Pada closing statement, Kepala KPPN Cilacap menyampaikan bahwa program WBK/WBBM disampaikan kepada masyarakat untuk memberitahukan bahwa benar-benar tidak ada korupsi di KPPN Cilacap. Program WBK/WBBM diharapkan bisa diikuti oleh Satuan Kerja (Satker) mitra kerja KPPN Cilacap seperti yang telah dilakukan oleh Polres Cilacap. Melalui inovasi-inovasi yang dilakukan diharapkan akan meningkatkan kepuasan stakeholder. Sedangkan Kabag Perencanaan Polres Cilacap mengharapkan dukungan dari masyarakat maupun internal Polres atas program WBK/WBBM, jangan sampai ada kegiatan yang berindikasi korupsi di Polres Cilacap.(3W)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search