Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

“GATHERING DAN INTERNAL REVIU: Seberapa WBK-kah Kita?”

(Cilacap, 2 Mei 2019) Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cilacap baru-baru ini mengadakan kegiatan Gathering dan Internal Reviu WBK dan WBBM yang diikuti oleh seluruh pegawai dan PPNPN. Dilaksanakan di halaman samping KPPN Cilacap Jum’at 26 April 2019, penuh dengan kebersamaan dan keseruan.  KPPN Cilacap telah melakukan pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM sejak Februari 2018 dan pada tahun ini diusulkan mengikuti penilaian WBK/WBBM tingkat Kementerian dan Nasional.

Dalam arahannya, Kepala KPPN Cilacap Joko Supriyanto melakukan evaluasi terhadap dokumen pengungkit yang telah dikumpulkan dan dinilai oleh tim Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah. Pengungkit 2 Penataan Tatalaksana dan Pengungkit 6 Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik telah mendapat nilai sempurna 100, sedangkan Pengungkit 1 Manajemen Perubahan, Pengungkit 3 Penataan Sistem Manajemen SDM, Pengungkit 4 Penguatan Akuntabilitas dan Pengungkit 5 Penguatan Pengawasan perlu perbaikan di beberapa indikator. Namun demikian Kepala KPPN Cilacap memberikan apresiasi atas segala usaha yang telah dilakukan, nilai rata-rata yang diperoleh mendekati 95 menunjukkan para pegawai telah bekerja keras.

Kegiatan gathering selanjutnya diisi dengan game-game seru yang telah disiapkan oleh Sri Agustina sebagai pemandu acara. Game Seberapa WBK kah Anda? menjadi game awal yang dimainkan, tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pegawai mengenal pengungkitnya masing-masing. Tiap tim pengungkit adu cepat mengambil pita sesuai warna pengungkit masing-masing yang telah ditentukan, semua anggota tim harus memakai pita kemudian mengisi papan yang telah disediakan dengan nama pengungkit, koordinator dan anggota pengungkitnya.

Pada game berikutnya diberikan pertanyaan yang sama untuk semua tim. Indikator yang ada pada tiap pengungkit untuk mencapai program WBK/WBBM dituliskan pada selember kertas yang telah disediakan. Tujuan game ini agar setiap anggota tim mengenal lebih dalam apa saja yang ada di pengungkitnya. Game selanjutnya masing-masing pengungkit mengambil undian pertanyaan yang telah disediakan. Pertanyaan mengenai dokumen pengungkit diberikan, tujuannya agar anggota tim mengetahui dan familiar dengan dokumen yang ada di pengungkitnya untuk kelengkapan penilaian WBK/WBBM. Dokumentasi kegiatan setiap pengungkit ada dan diadmistrasikan dengan baik menjadi bukti bahwa KPPN Cilacap telah memenuhi persyaratan mendapat predikat WBK/WBBM. Pada saat tim penilai datang langsung ke KPPN, diharapkan anggota pengungkit dapat memberikan jawaban dan penjelasan yang lengkap dan jelas.

Game akhir yang diberi nama “Seberapa Beruntung Anda?” menjadi game yang paling seru. Pertanyaan rebutan diberikan, tim pertama yang mengangkat tangan dapat menjawab atau melempar pertanyaan kepada tim lain. Apabila tim yang mendapat lemparan pertanyaan tidak dapat menjawab, maka tim pertama akan mendapat tambahan nilai. Namun sebaliknya apabila jawabannya benar, tim pertama akan dikurangi nilainya. Nilai diperoleh melalui undian, range nilai mulai minus 300 s/d 500, menjadi alasan mengapa game ini diberi nama “Seberapa Beruntung Anda?”.

Pada akhir acara diberikan hadiah kepada tim pengungkit dengan nilai tertinggi. Pengungkit 3 menjadi juara pertama, diikuti pengungkit 5 ditempat kedua dan pengungkit 6 ditempat ketiga. (3W)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search