Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

SHARING SESSION SERVICE EXCELLENCE UNTUK MEMBERIKAN LAYANAN YANG MELAMPAUI HARAPAN STAKEHOLDERS

(Selasa, 27 Agustus 2019) KPPN Cilacap dengan menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cilacap menyelenggarakan kegiatan Sharing Session Service Excellence bertempat di Aula KPPN Cilacap. Dengan mengusung tema “Memberi Layanan yang Melampaui Harapan Stakeholders”, kegiatan sharing session diikuti oleh para Pejabat/Pegawai KPPN Cilacap dan Pegawai PPNPN KPPN Cilacap.

Joko Supriyanto selaku Kepala KPPN Cilacap mengungkapkan bahwa tujuan mengundang narasumber dari BRI Cabang Cilacap adalah agar dapat di-share budaya pelayanan pada BRI. “Kami ingin di-share bagaimana memberikan pelayanan terbaik agar stakeholders tidak hanya puas tapi merasa sangat puas dengan layanan KPPN Cilacap” ungkapnya.

Mengawali sharing session, Wasis Pitono selaku Asisten Manager Oprasional BRI Cabang Cilacap menggugah semangat peserta dengan Yel-yel khas BRI yang disambut dengan meriah oleh seluruh peserta. Menurutnya, Kunci dari pelayanan adalah 3S (Senyum Sapa dan Salam). Secara umum, apabila layanan telah memenuhi harapan maka stakeholders akan diam. Sebaliknya jika layanan tidak baik/kurang baik maka akan menceritakan ke berbagai pihak, hal inilah yang harus diantisipasi dengan menyediakan saluran pengaduan sehingga permasalahan dapat diselesaikan secara intern. Pada prinsipnya pelayanan adalah hak stakeholders, oleh karenanya kita harus menyadarinya bahwa memberikan pelayanan terbaik adalah kewajiban kita.

Pada kesempatan berikutnya, Monica Eliawati salah seorang Teller BRI Cabang Cilacap membagi pengalamannya dalam memberikan pelayanan yang memenuhi standar kualitas suatu layanan sehingga sesuai dengan harapan dan kepuasan nasabah. “Untuk memberikan pelayanan prima perlu menerapkan budaya layanan SMART (Sigap, Mudah, Akurat, Ramah, Terampil) yang terdiri dari Smart Commitment, Smart Sharing, Smart Grooming (Penampilan), Smart Greeting” tuturnya. Penampilan Monica yang ceria dengan sesekali membagikan doorprise membuat peserta bersemangat. Suasana semakin meriah dengan diselingi dengan Ice Breaking, Monica mengajak seluruh peserta menari “Banana”.

Untuk meningkatkan ketrampilan dalam memberikan pelayanan, dilakukan Role Play pelayanan oleh pegawai KPPN Cilacap dipandu oleh Erna Puspitasari selaku DJS BRI Cabang Cilacap. Mengawali materi Role Play, Erna menyampaikan bahwa pelayanan melibatkan seluruh jajaran pegawai, dari level tertinggi sampai terendah, dari bagian terdepan sampai bagian paling belakang. Para Pegawai PPNPN selaku satpam mendapatkan kesempatan pertama melakukan role play, memperagakan cara pelayanan mulai dari area parkir, pintu masuk layanan dan mengarahkan stakeholders sesuai kebutuhan. Giliran selanjutnya Ari Bustami memperagakan pelayanan di CSO KPPN Cilacap. Sebagai bahan perbandingan, Monica Eliawati memperagakan pelayanan di Front Liner BRI Cabang Cilacap dalam menangani keluhan dari nasabah. Sharing session dengan metode Role Play diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih nyata model pelayanan terbaik yang mampu melampaui harapan stakeholders. (tina)

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search