Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sharing Session bersama Satelit TV

03/03/2020-KPPN Cilacap mengadakan kegiatan sharing session dengan mengundang narasumber dari Satelit TV Purwokerto, Damar Nurani, dengan tema “meningkatkan kapasitas SDM di bidang komunikasi publik melalui media digital”  bertempat di Aula KPPN Cilacap. Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai KPPN Cilacap beserta siswi PKL dari SMK dan mahasiswa/mahasiswi dari PKN STAN.

Dalam sambutannya Kepala KPPN Cilacap Joko Supriyanto menyampaikan tujuan dari diadakannya kegiatan sharing session kali ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dari peserta dalam bidang jurnalisme dalam berbagai media. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dari narasumber. Presentasi diawali dengan tayangan video singkat mengenai profil dari Satelit TV Purwokerto, setelah itu narasumber menjelaskan tentang sejarah dari jurnalisme, ilmu tentang jurnalisme, serta teknik-teknik pengambilan gambar yang baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah sesi presentasi selesai, narasumber mempersilahkan peserta untuk bertanya tentang hal-hal yang ingin diketahui lebih dalam. Sesi tanya jawab diikuti oleh peserta dengan komunikatif dan menarik.

Pertanyaan pertama diajukan oleh Sri Agustina yaitu bagaimana caranya untuk melakukan opening dalam suatu tayangan/acara. Narasumber menjelaskan dan memberi contoh berbagai cara untuk melakukan opening yang dapat dibagi menjadi beberapa kategori yaitu formal, non-formal, dan semi formal.

Pertanyaan kedua ditanyakan oleh Tri Wahyuningsih tentang bagaimana untuk menghasilkan gambar/video yang baik dengan peralatan seadanya. Untuk bisa mendapatkan gambar yang baik dengan peralatan yang tidak secanggih peralatan di studio televisi narasumber menjelaskan bebarapa teknik yang bisa digunakan. Beberapa teknik yang bisa dilakukan yaitu dengan mengambil gambar dengan angle yang sesuai serta teknik pencahayaan yang baik.

Pertanyaan terakhir diajukan oleh Dwi Yanti Yuliarsih mengenai alternatif dari penggunaan prompter untuk mempermudah proses pembuatan tayangan. Narasumber menjelaskan alternatif yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi dari prompter bisa dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu menggunakan sticky notes ataupun dengan menggunakan cue card.

Kegiatan diakhiri dengan penutup dari Kepala KPPN Cilacap. Dengan adanya kegiatan Capacity Building tersebut kepala kantor menyampaikan harapan dan pesan agar para pegawai dapat mengasah kemampuan di bidang komunikasi dan informasi, hal ini sejalan dengan rancangan program yang akan dijalankan oleh KPPN Cilacap dalam menyebarkan informasi kepada khalayak umum mengenai perbendaharaan lewat media digital.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search