Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Survei Efektivitas Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap melakukan kunjungan kepada para Keluarga Penerima Manfaat BLT Dana Desa Tahun 2020 pada hari Rabu, 28 April 2021 yang dilaksanakan di Desa Penggalang, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Kunjungan tersebut dilaksanakan oleh Kepala Seksi Bank Eko Suharyanto dalam rangka survei pemanfaatan/penggunaan Dana Desa terhadap pembangunan Desa dan efektivitas penyaluran dan pemanfaatan BLT Desa tahun 2020 sebagai tindak lanjut dari Nota Dinas Direktur Pelaksanaan Anggaran Nomor ND-361/PB.2/2021 tanggal 20 April 2021 hal Penyampaian Kuisioner Efektivitas BLT Desa Tahun 2020.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan perlu melakukan analis/kajian terkait Dana Desa. Dalam rangka penyusunan kajian tersebut, perlu dilakukan pengumpulan data primer melalui survei efektivitas penyaluran dan pemanfaatan BLT Desa dengan responden aparat desa/tenaga pendamping dan penduduk desa yang menerima BLT Desa tahun 2020. Survei dilaksanakan dengan pengisian kuesioner oleh perwakilan Keluarga Penerima Manfaat serta perwakilan dari aparat desa. Eko Suharyanto yang didampingi oleh salah satu aparat desa, juga melakukan dialog dengan para Keluarga Penerima Manfaat BLT Dana Desa.

Kepala Desa Penggalang, Miswanto menyampaikan rasa terima kasihnya atas peran serta KPPN Cilacap dalam penyaluran Dana Desa selama ini. “Dana Desa di Desa Penggalang dipergunakan untuk pembangunan desa dan Bantuan Langsung Tunai. Dana Desa sangat bermanfaat untuk membantu pembiayaan pembangunan Desa Penggalang. Hal ini dikarenakan pendapatan asli desa masih terbilang rendah, sehingga tidak cukup untuk membiayai pembangunan desa selama setahun,” lanjut Miswanto.

Dalam kunjungannya tersebut, Eko mengatakan bahwa penyaluran BLT Dana Desa pada Desa Penggalang sudah tepat sasaran. Keluarga Penerima Manfaat BLT Dana Desa tersebut kebanyakan merupakan warga desa dengan keterbatasan fisik sehingga sudah tidak mampu lagi bekerja. Kepala Desa Penggalang, Miswanto berharap penyaluran Dana Desa akan terus berlanjut karena Dana Desa sangat diperlukan untuk keberlangsungan pembangunan di Desa Penggalang. Dalam kesempatan tersebut beliau juga menyatakan harapannya agar ada peningkatan nilai Dana Desa yang disalurkan pada masa mendatang. Dalam kunjungan tersebut juga dibagikan bingkisan souvenir kepada para KPM BLT Dana Desa maupun aparat desa yang sudah berperan serta dalam kegiatan survei.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search