Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sinergi dan Apresiasi kepada Satuan Kerja melalui Kegiatan Stakeholder Day Tahun 2022

Dengan berakhirnya periode Semester I Tahun 2022, KPPN Cilacap mengadakan kegiatan Stakeholder Day Tahun 2022 dengan mengusung tema “Sinergi dan Apresiasi untuk Mendukung Kinerja Pelaksanaan Anggaran yang Berkualitas” dengan mengundang seluruh satuan kerja di wilayah kerjanya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara KPPN Cilacap selaku Kuasa Bendahara Umum Negara di daerah dengan Satuan Kerja di wilayah kabupaten Cilacap serta upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran melalui pemberian apresiasi atau penghargaan kepada satuan kerja-satuan kerja terbaik pada periode Semester I Tahun 2022.

Kegiatan dilaksanakan secara outdoor di halaman KPPN Cilacap. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa. Selanjutnya para peserta diajak untuk mengikuti permainan yang telah disiapkan oleh instruktur dari Taman Wisata Waduk Koebangkangkoeng. Para peserta terlihat antusias dan kompak mengikuti seluruh rangkaian permainan hingga selesai.

Setelah kegiatan permainan berakhir, acara sempat dijeda sebentar untuk kegiatan ramah tamah. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dan paparan dari Kepala KPPN Cilacap, Bapak Luqman Joyo Kartono. Dalam sambutannya, Kepala KPPN Cilacap menyampaikan apresiasinya atas kerja keras dan dukungan para satuan kerja dalam pelaksanaan anggaran sehingga KPPN Cilacap berhasil mendapatkan peringkat I Nilai Indikator Pelaksanaan Anggaran Tingkat Kuasa BUN di lingkup Provinsi Jawa Tengah untuk kategori KPPN kecil pada periode Semester I Tahun 2022. “Kerja keras dan dukungan satuan kerja sangat berarti bagi KPPN Cilacap selaku kuasa BUN di daerah terutama di lingkup kabupaten Cilacap.”

Usai menyampaikan sambutannya, Kepala KPPN Cilacap didampingi oleh Kepala Seksi terkait menyerahkan penghargaan kepada satuan kerja terbaik yang terbagi dalam 5 kategori, diantaranya Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Bendahara, Rekonsiliasi dan Penyampaian Laporan Keuangan Tingkat UAKPA Tahun 2021, Nilai Indikator Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik Semester I Tahun 2022, Kinerja dan Kualitas Pelaporan Data Capaian Output Semester I Tahun 2022, dan Optimalisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Semester I Tahun 2022.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap (417417) berhasil menjadi peringkat pertama untuk kategori Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Bendahara, diikuti oleh Madrasah Aliyah Negeri 3 Cilacap Kab. Cilacap dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap Kab. Cilacap sebagai peringkat kedua dan ketiga. Sementara itu, untuk kategori Rekonsiliasi dan Penyampaian Laporan Keuangan Tingkat UAKPA Tahun 2021, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap tampil menjadi peringkat pertama diikuti oleh Pengadilan Negeri Cilacap dan Kantor UPBU Tunggul Wulung sebagai peringkat kedua dan ketiga.

Selanjutnya untuk kategori Nilai Indikator Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik Semester I Tahun 2022, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Cilacap berhasil mempertahankan peringkat I selama beberapa periode dengan nilai IKPA sempurna diikuti dengan Lembaga Pemasyarakatan Batu Nusakambangan sebagai peringkat kedua yang juga memperoleh nilai sempurna, serta Pengadilan Agama Cilacap sebagai peringkat ketiga.

Untuk kategori Kinerja dan Kualitas Pelaporan Data Capaian Output Semester I Tahun 2022, Madrasah Aliyah Negeri 3 Cilacap Kab. Cilacap berhasil menjadi peringkat pertama diikuti oleh Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Cilacap dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Cilacap sebagai peringkat kedua dan ketiga. Dengan demikian, Madrasah Aliyah Negeri 3 Cilacap Kab. Cilacap dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Cilacap berhasil membawa pulang dua penghargaan dari dua kategori yang berbeda pada kegiatan Stakeholder Day Tahun 2022 ini.

Sementara untuk kategori terkahir, yaitu Optimalisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Semester I Tahun 2022, Stasiun PSDKP Cilacap berhasil meraih tempat pertama diikuti oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Cilacap (417416) dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Cilacap sebagai peringkat kedua dan ketiga.

Setelah penyerahan penghargaan, acara dilanjutkan dengan sharing kiat dari para penerima penghargaan yang diwakili oleh Plt. Kepala KPBC Cilacap, Bapak Purwanto, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Batu, Bapak I Putu Murdiana, dan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 3 Cilacap, Bapak Ahmad Tauhid.

Ketiganya membagikan kiatnya dalam menjaga nilai IKPA maupun ketertiban penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Bendahara pada unit kerjanya masing-masing. Sebagai satker yang membawahi beberapa unit kerja di Pulau Nusakambangan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Batu, Bapak I Putu Murdiana menyampaikan rasa terima kasih atas bimbingan dan apresiasinya terhadap kinerja satuan kerja. “Kegiatan Stakeholder Day ini sangat kami tunggu karena memberikan kami kesempatan untuk menjalin sinergi dengan KPPN maupun dengan unit kerja lain. Ke depannya, kami berharap kerja sama antar unit kerja dapat ditingkatkan lagi.”.

Acara ditutup dengan kegiatan foto bersama. (hanifah)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search