Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Kolaborasi Kemenkeu Satu Goes To School, Mengenal APBN Lebih Dekat bersama SMA Negeri Adipala

Suasana berbeda terlihat di SMA Negeri Adipala pada hari Jumat, 12 Agustus 2022 lalu. Terlihat rombongan tim Kemenkeu Satu mendatangi satu-satunya sekolah negeri di Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap tersebut dalam rangka Kemenkeu Satu Goes To School yang dikemas melalui kegiatan Sharing Session Pengelolaan Keuangan Negara. Acara ini terselenggara berkat kolaborasi antar unit vertikal Kementerian Keuangan di Kabupaten Cilacap yang terdiri dari KPPN Cilacap, KPP Pratama Cilacap dan KPPBC TMP C Cilacap. Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan SMA Negeri Adipala, Furqon Dwi Anggoro beserta perwakilan guru menyambut rombongan gabungan tim dari KPPN Cilacap, KPP Pratama Cilacap dan KPPBC TMC C Cilacap. Usai berkoordinasi sebentar, tim Kemenkeu Satu menuju Aula SMA Negeri Adipala guna memulai acara.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Pembawa acara yang merupakan perwakilan siswi SMA Negeri Adipala memandu jalannya acara. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa oleh petugas dari siswa SMA Negeri Adipala. Kepala KPPN Cilacap, Luqman Joyo Kartono dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan tim Kemenkeu Satu ke SMA Negeri Adipala.”Kami ingin generasi muda memiliki kesadaran dan pengetahuan tentang APBN maupun pengelolaan Keuangan Negara. Kami berharap di kemudian hari, terdapat perwakilan siswa-siswi SMA Negeri Adipala yang dapat berkontribusi dalam pengelolaan keuangan Negara. Generasi muda harus berani bermimpi tinggi dan bersedia bekerja keras untuk mewujudkannya.”

Kepala KPPN Cilacap menyampaikan sambutannya

Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri Adipala Bagian Kesiswaan, Furqon Dwi Anggoro secara resmi membuka acara sekaligus menyampaikan apresiasinya atas kedatangan tim Kemenkeu Satu ke SMA Negeri Adipala. Kegiatan Kemenkeu Satu Goes To School ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada para siswa agar lebih berprestasi dan turut serta dalam pengelolaan keuangan Negara. “Kegiatan sharing session pengelolaan keuangan Negara ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Saya menitipkan pesan agar para siswa dapat mengikuti acara dengan baik dan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari para narasumber.”

Penyampaian materi oleh narasumber      

Selanjutnya, para narasumber yang berasal dari perwakilan masing-masing unit vertikal eselon I Kementerian Keuangan di Kabupaten Cilacap secara bergantian menyampaikan materi. Narasumber pertama adalah staf keuangan KPPN Cilacap, Hanifah Rufa’idah menyampaikan materi mengenai gambaran APBN Kita sekaligus menjelaskan peranan KPPN dalam pengelolaan keuangan Negara. Narasumber berikutnya dari KPP Pratama Cilacap, Martin Purnama dan Elliza Zumarini memberikan materi melalui games atau kuis dari kahoot. Para siswa terlihat antusias menjawab pertanyaan kuis satu demi satu. Antusiasme tersebut terlihat dari serunya tanggapan para siswa setiap kali pemenang dari setiap pertanyaan ditampilkan pada layar. Mereka bersemangat kejar-mengejar poin. Kuis tentang Pajak ditutup dengan pembagian doorprize kepada 3 orang peraih nilai tertinggi. Siswi atas nama Priyatiningsih kelas XII IPS 2 berhasil meraih nilai kuis tertinggi sekaligus merupakan peserta pertama yang hadir di tempat.

Para pemenang kuis pajak

Narasumber terakhir adalah, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai  KPPBC TMP C Cilacap, Asep menyampaikan materi tentang peranan Bea Cukai dalam kontribusinya pada penerimaan Negara serta peranannya dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengawasan, penegakan hukum, pelayanan dan optimalisasi penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai. Acara ditutup dengan pembagian doorprize dari para narasumber. Para siswa terlihat semangat berebut giliran mendapatkan hadiah, dari ikut menjawab pertanyaan narasumber, menyampaikan pertanyaan kepada narasumber hingga menunggu undian acak dari narasumber. Guru-guru pun tidak ketinggalan turut serta dalam perebutan doorprize. Meski di luar sedang hujan, para siswa tetap bersemangat mengikuti acara hingga selesai. (hanifah)

Peserta yang bersedia sharing di depan  untuk mendapatkan doorprize

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search