Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN Cilacap Gelar Capacity Building di Benteng Pendem

Cilacap, 10 Maret 2023 – Dalam rangka memupuk kerja sama dan komunikasi sebagai upaya meningkatkan kinerja pegawai serta melaksanakan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani KPPN Cilacap Tahun 2023, KPPN Cilacap menyelenggarakan kegiatan Capacity Building Tahun 2023 di situs cagar budaya Benteng Pendem, Cilacap. Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB dan diikuti oleh seluruh pejabat/pegawai dan PPNPN pada KPPN Cilacap.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala KPPN Cilacap, Luqman Joyo Kartono. Dalam arahannya, Kepala KPPN Cilacap menyampaikan bahwa KPPN Cilacap Tahun 2023 kembali dipercaya untuk mengikuti penilaian WBBM. Dalam menghadapi WBBM, diperlukan kerja sama yang efektif dari seluruh pegawai sehingga melalui kegiatan Capacity Building ini diharapkan dapat meningkatkan komunikasi dan kerja sama pegawai serta motivasi pegawai dalam menghadapi penilaian WBBM sehingga predikat WBBM dapat diraih KPPN Cilacap tahun ini. Selain itu, kegiatan Capacity Building ini dapat menjadi sarana melestarikan warisan cagar budaya, khususnya di Kabupaten Cilacap.

Bertindak sebagai narasumber Capacity Building kali ini adalah Pejabat Fungsional PTPN KPPN Cilacap, Jefri Kristianto. Jefri mengajak para pegawai untuk mengikuti beberapa permainan (fun games) yang bertujuan untuk melatih konsentrasi dan kemampuan adaptasi peserta terhadap peraturan baru.

Setelah permainan, para pegawai berkeliling area Benteng Pendem CIlacap. Benteng Pendem merupakan benteng pertahanan peninggalan pemerintah Hindia Belanda yang terletak di tepi pantai Cilacap. Selama masa penjajahan Belanda, benteng ini digunakan sebagai pusat pengawasan dan pertahanan untuk melindungi pelabuhan Cilacap dari serangan musuh. Selain itu, benteng ini juga digunakan sebagai tempat penjara bagi para tawanan politik yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Saat ini, Benteng Pendem telah direnovasi dan dibuka untuk umum. Di dalam area Benteng Pendem, para pegawai menyusuri jalan menuju ruang-ruang peninggalan berupa barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, klinik pengobatan, gudang senjata, gudang mesiu, ruang penjara dan ruang lainnya. 

 

Kegiatan Capacity Building ditutup dengan makan bersama berupa makanan tradisional dalam upaya mendukung produk-produk UMKM di wilayah Kabupaten Cilacap.

Dengan dilaksanakannyaa kegiatan Capacity Building ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dan komunikasi antar pegawai dan PPNPN KPPN Cilacap khususnya dalam menghadapi pembangunan WBBM serta pegawai merasa lebih segar sehingga lebih bersemangat dalam bekerja. (FA).

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search