Cilacap

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Tunjukkan Komitmen dalam Implementasi Pengarusutamaan Gender, KPPN Cilacap Melaksanakan Internalisasi dan Penandatanganan Piagam Komitmen PUG Tahun 2023

Cilacap, 16/03/2023. KPPN Cilacap rutin melaksanakan kegiatan Internalisasi dan penandatanganan Piagam Komitmen Implementasi Pengarusutamaan Gender setiap tahun. Kegiatan ini merupakan upaya penguatan nilai-nilai PUG di internal kantor sekaligus wujud nyata komitmen terhadap dukungan implementasi pengarusutamaan gender.

Bertempat di Ruang Rapat KPPN Cilacap, Kegiatan GKM Internalisasi Pengarusutamaan Gender Tahun 2023 dibuka oleh Kepala KPPN Cilacap, Luqman Joyo Kartono pada hari Kamis tanggal 16 Maret 2023 dengan menyampaikan peraturan mengenai pentingnya memahami makna dan tujuan dari implementasi pengarusutamaan gender yang telah dimasukkan ke dalam Rencana Strategis Kemenkeu Tahun 2020-2024. Komitmen pimpinan dalam implementasi pengarusutamaan gender memegang peranan penting terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender di unit kerjanya.

 

Selanjutnya, materi mengenai internalisasi implementasi pengarusutamaan gender disampaikan oleh Duta PUG KPPN Cilacat Tahun 2023, Hanifah Rufa’idah melalui penyampaian latar belakang sekaligus progres implementasi PUG di Kementerian Keuangan, khususnya di KPPN Cilacap sendiri.

Seperti telah disebutkan di atas, dalam Rencana Strategis Kemenkeu Tahun 2020-2024, Implementasi Pengarusutamaan Gender dilakukan dengan tujuan terwujudnya kesetaraan gender dalam pembangunan. Hal ini sejalan dengan goal yang ingin dicapai dengan adanya implementasi pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional, yaitu Pembangunan yang inklusif yang mana dilaksanakan oleh siapa saja dan manfaatnya dirasakan oleh semua serta menyasar pada kelompok rentan yaitu anak-anak, lansia, dan penyandang disabilitas (No One Left Behind).

KPPN Cilacap sebagai bagian dari perwakilan Kementerian Keuangan di daerah yang juga memiliki tugas menyalurkan dana APBN ke masyarakat turut berupaya dan berkomitmen mengambil peran dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender. Memastikan bahwa tidak ada satu kelompok marjinal pun yang tertinggal dalam menerima manfaat dari kue pembangunan terutama di Kabupaten Cilacap.

KPPN Cilacap telah berupaya optimal dalam menyediakan fasilitas yang menunjang kebutuhan dan permasalahan perbedaan kebutuhan kelompok gender, misalnya penyediaan ruang laktasi, ruang istirahat bagi para pegawai, kursi roda dan tempat parker prioritas, toilet pria dan wanita sesuai kebutuhannya, dan sebagainya. 

Setelah dilakukan penyampaian materi dan gambaran implementasi pengarusutamaan gender KPPN Cilacap tahun 2023, dilanjutkan dengan proses penandatanganan piagam komitmen bersama implementasi Pengaurusutamaan gender KPPN Cilacap tahun 2023 yang dipimpin oleh Kepala KPPN Cilacap. Penilaian WBBM Tahun 2023 menjadi salah satu upaya dalam peningkatan layanan KPPN Cilacap baik ke dalam maupun keluar. Implementasi(HR)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cilacap
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 28 Cilacap
Tel: 0282-548888 Fax: 0282-547009

Search