Berita

Seputar KPPN Magelang

PENGANUGERAHAN “THE BEST PERFORMANCE” SEMESTER I TAHUN 2018

Lantunan lagu kebangsaan Indonesa Raya menggema mengawali acara penganugerahan The Best Performance satker mitra kerja KPPN Magelang periode Semester I Tahun 2018.

Acara yang diselenggarakan di Cemara Meeting Hotel Grand Artos pada hari Rabu tanggal 25 Juli 2018 pukul 09.00 -12.00 WIB ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi kepada satuan kerja atas prestasi dan dedikasinya terhadap pengelolaan Keuangan Negara. Pengukuran dan penilaian The Best Performance bukan hanya dari sisi penyerapan anggaran saja, melainkan berdasarkan Indikator Pelaksanaan Kinerja Anggaran (IKPA) yang sekaligus dapat berperan sebagai katalis perubahan perilaku dan pola pikir satker dalam pelaksanaan anggaran.

Dalam sambutannya yang sekaligus membuka rangkaian acara secara resmi, Kepala KPPN Magelang, Hartana, mengucapkan terima kasih kepada para Kuasa Pengguna Anggaran dan semua pihak yang terlibat atas kerjasamanya dalam penyelenggaraan acara ini, semoga rangkaian acara ini dapat bermanfaat dalam mendukung tugas pengelolaan Keuangan Negara yang menjadi tanggung jawab kita bersama. Dikatakan pula bahwa, Tim Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran telah bekerja keras menyusun Rapor Satker berdasarkan IKPA dengan data yang diambil dari Aplikasi OM-SPAN, dan pada akhirnya menghasilkan keputusan untuk memberikan penghargaan kepada satker lingkup wilayah kerja KPPN Magelang yang mempunyai kinerja pelaksanaan anggaran terbaik.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala KPPN Magelang juga menginformasikan mengenai larangan Gratifikasi dan layanan Pengaduan di lingkungan KPPN Magelang dalam upaya pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM), serta uji coba pembayaran dengan Kartu Kredit dalam rangka penggunaan Uang Persediaan yang merupakan program Ditjen Perbendaharaan dalam mendukung gerakan non tunai yang tengah gencar dicanangkan oleh pemerintah.

Dalam setiap semester KPPN Magelang menyusun rapor satker dan membagikannya kepada seluruh satker dengan tujuan agar satker mengetahui kinerja pelaksanaan anggaran selama enam bulan yang telah dilaksanakan untuk dijadikan bahan evaluasi sehingga satker dapat meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran ke depannya. Rapor Satker disusun berdasarkan 4 aspek dan 12 variable, yaitu:

  1. Aspek Kesesuaian dengan perencanaan, Variabel: Frekuensi Revisi DIPA, Deviasi Halaman III DIPA, Pagu Minus.
  2. Aspek Efektivitas Pelaksanaan Anggaran, Variabel: Retur SP2D, Realisasi Anggaran, Penyelesaian Tagihan.
  3. Aspek Efisiensi Pelaksanaan Kegiatan, Variabel: Penerbitan SPM secara benar, Deviasi Renkas/RPD Harian.
  4. Aspek Kepatuhan terhadap regulasi, Variabel: Ketepatan Waktu Data Kontrak, Pertanggungjawaban UP, Penyampaian LPJ, Dispensasi SPM

Satker penerima penghargaan The Best Performance periode Semester I Tahun 2018 sebagai berikut:

A. Kategori A (Pagu DIPA di atas 10 Milyar), yaitu:

  1. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Magelang
  2. Panti Sosial Marsudi Putra “Antasena” Magelang
  3. Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita “Kartini” Temanggung

B. Kategori B (Pagu DIPA di atas 4 Milyar s.d. 10 Milyar), yaitu:

  1. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Magelang Kabupaten Magelang
  2. Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Temanggung Kabupaten Temanggung
  3. Pengadilan Negeri Magelang

C. Kategori C (Pagu DIPA s.d. 4 Milyar), yaitu:

  1. Kantor Kementerian Agama Kota Magelang
  2. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung
  3. Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Magelang Kabupaten Magelang

Terhadap satker yang berkinerja terbaik (The Best Performance) periode Semester I Tahun 2018, KPPN Magelang memberikan piagam penghargaan dan fasilitas Smart Card, yaitu fasilitas tanpa mengantri untuk memanfaatkan semua layanan yang tersedia di KPPN Magelang yang berlaku sejak tanggal 26 Juli 2018 sampai dengan tanggal 30 November 2018.

Dalam rangkaian acara Penganugerahan The Best Performance ini, juga diselenggarakan beberapa sosialisasi yaitu: 

  1. Sosialisasi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang disampaikan oleh Karnata (Kepala Seksi Pencairan Dana).
  2. Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi dan Pengaduan Online yang disampaikan oleh Murtadlo (Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal).
  3. Sosialisasi Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-17/PB/2017 tentang Uji Coba Pembayaran Dengan Kartu Kredit Dalam Rangka Penggunaan Uang Persediaan yang disampaikan oleh Defin Setyani (Pelaksanan Subbagian Umum) serta Pemaparan materi Kartu Kredit Pemerintah (corporate credit card) yang disampaikan oleh narasumber dari BRI Cabang Magelang, BNI Cabang Magelang, dan Bank Mandiri Cabang Magelang dengan moderator Arif Susilo Nugroho (Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi).

 

 

 

 

 

 (budisan)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search