Berita

Seputar KPPN Magelang

BERPACU MENJADI SATKER TERBAIK

Berdasarkan monitoring dan evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran satuan kerja yang tertuang dalam Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) semester I tahun 2018 belumlah optimal, sehingga diperlukan langkah-langkah kongkrit dan jitu dalam peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran pada semester II tahun 2018.

Mengacu dari hal tersebut KPPN Magelang memandang perlu untuk melakukan Forum Group Discussion (FGD) Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran , demi meningkatkan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Satker mitra kerja KPPN Magelang pada semester II tahun 2018.

FGD digelar di Aula KPPN Magelang, pada hari Rabu tanggal 29 Agustus 2018, dengan mengundang seluruh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) satker mitra kerja KPPN Magelang. Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB. Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Kepala KPPN Magelang, Hartana, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh PPK satker mitra kerja KPPN Magelang yang telah meluangkan waktu di sela sela kesibukan untuk menghadiri acara FGD. Pada kesempatan yang sama, Hartana menyampaikan tentang tujuan diadakan FGD disamping silaturahim juga ajang knowledge sharing antar satker mengenai hal hal yang penting serta kiat-kiat berkaitan dengan peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran satuan kerja. 

Selanjutnya penyampaian Materi FGD Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggara disampaikan oleh Narasumber Karnata (Kepala Seksi Pencairan Dana) dipandu oleh moderator Sulastri (pelaksana Seksi MSKI). Dalam penyampaian materi, Karnata membahas mengenai IKPA. Beliau menjelaskan IKPA telah menjadi ukuran evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran yang memuat 12 indikator yang mencerminkan aspek kesesuaian dengan perencanaan, aspek efektifitas pelaksanaan anggaran, aspek efisiensi pelaksanaan kegiatan, dan aspek kepatuhan terhadap regulasi. Kedua belas indikator yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya capaian Kinerja Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja, yaitu:

  1. Frekuensi Revisi DIPA
  2. Deviasi Halaman III DIPA
  3. Pagu Minus
  4. Retur SP2D
  5. Realisasi Anggaran
  6. Penyelesaian Tagihan
  7. Penerbitan SPM secara benar
  8. Deviasi Renkas/RPD Harian
  9. Ketepatan Waktu Data Kontrak
  10. Pertanggungjawaban UP
  11. Penyampaian LPJ
  12. Dispensasi SPM

IKPA masing-masing satuak kerja telah dimuat dalam Aplikasi OMSPAN, sehingga satker dapat memantau nilai IKPA secara periodik melalui aplikasi OMSPAN pada menu Monev PA. Sedangkan nilai IKPA pada OMSPAN akan dirilis secara resmi oleh KPPN Magelang dan disampaikan kepada masing-masing satuan kerja secara triwulanan.

Pada acara FGD ini diberikan kesempatan kepada satker yang memperoleh penghargaan “the best performance” satuan kerja terbaik Semester I tahun 2018, untuk menyampaikan pengalamannya dalam pengelolaan anggaran satker sehingga bisa dicontoh oleh satker yang lain.

-budisan-

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search