Jl. Ilyas Yacub No. 3 Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Focus Group Discussion Evaluasi Penyederhanaan SPJ / LPJ 2017

Kegiatan FGD Evaluasi Penyederhanaan SPJ / LPJ pada Pelaksanaan Bantuan Pemerintah dilaksanakan pada hari Selasa, 5 September 2017 di Aula KPPN Painan pada pukul 09.00 s.d 12.30 WIB dengan Tema yaitu Evaluasi Penyederhanaan SPJ / LPJ pada Pelaksanaan Bantuan Pemerintah di Daerah. Pada kesempatan tersebut, kepala Seksi Bank KPPN Painan, Bapak Mohammad Firdaus bertindak sebagai moderator. Adapun yang berperan sebagai narasumber yakni Kepala KPPN Painan Bapak Mokhamad Nurul Hidayattulloh dan Kepala Seksi Pencairan Dana & Manajemen Satker, Ibu Elwy Syahdely.

Adapun kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kondisi bahwa penyederhanaan SPJ / LPJ bantuan pemerintah di tahun 2017 ini belum sepenuhnya berhasil. Benarkan demikian? Untuk menggali informasi yang terjadi di lapangan Direktur Pelaksanaan Anggaran melalui suratnya Nomor S-7661/PB/2017 tanggal 4 September 2017 tentang Pelaksanaan FGD Penyederhanaan SPJ / LPJ memerintahkan KPPN untuk menyelenggarakan FGD penyederhanaan SPJ / LPJ Bantuan Pemerintah.

Kegiatan FGD penyederhanaan SPJ Bantuan Pemerintah lingkup Kabupaten Pesisir Selatan dihadiri oleh beberapa instansi, kelompok masyarakat diantaranya (1) Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kab. Pesisir Selatan; (2) KPA / PPK Satuan Kerja Penerima Bantuan Pemerintah yang terdiri dari Kantor Kementerian Agama Kab. Pesisir Selatan, 2 Satuan Kerja Madrasah Ibtidaiyah Negeri, 4 Satuan Kerja Madrasah Tsanawiyah N egeri dan 2 Satuan Kerja Madrasah Aliyah Negeri di Kab. Pesisir Selatan, (3) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pesisir Selatan, (4) Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Pesisir Selatan selaku Pengelola Dana Bantuan Pemerintah, (5) Ketua Kelompok Masyarakat Penerima Bantuan Pemerintah yang terdiri dari Kelompok Pelita Salido, Kelompok Ampuan Baru, KKM Batu Kunik, KKM Duku Benteng , dan (6) Para Penerima Bantuan Pemerintah Lainnya yang terdiri dari Siswa Siswi Penerima BSM di Kabupaten Pesisir Selatan serta beberapa tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Mokhamad Nurul Hidayattulloh selaku kepala KPPN Painan menyampaikan sekilas tentang jenis jenis bantuan pemerintah, kondisi terkini perihal perkembangan penyaluran bantuan pemerintah dan upaya upaya yang telah dilakukan sampai dengan periode semester I Tahun 2017 dalam rangka memaksimalkan ketercapaian fungsi atas bantuan pemerintah.

Kegiatan berlangsung sangat menarik dimana peserta FGD yang berasal dari berbagai macam kalangan mulai dari Pegawai Pemda, Siswa/i penerima Bantuan Siswa Miskin hingga Perwakilan kelompok masyarakat sangat antusias dalam memaparkan kondisi yang terjadi di lapangan khususnya mengenai fakta perihal penyederhanaan SPJ Bantuan Pemerintah. Selain itu juga terdapat berbagai masukan dan saran dari peserta FGD yang bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan bantuan pemerintah. Seluruh saran dan masukan dari peserta telah disampaikan KPPN Painan ke Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat sebagaimana Surat Kepala KPPN Painan Nomor S-757/WPB.03/KP.142/2017 tanggal 6 September 2017.

Diharapkan kegiatan FGD dapat memberikan gambaran dan informasi perihal pelaksanaan bantuan pemerintah dan pelaksanaan penyederhanaan SPJ / LPJ, khususnya di Kabupaten Pesisir selatan sehingga dapat membantu pengambilan keputusan di level pusat dalam upaya mewujudkan fungsi bantuan pemerintah yang semakin maksimal, sehingga salah satu Tujuan Bangsa Indonesia yakni Memajukan kesejahteraan umum secara bertahap dapat diwujudkan.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search