Jl. Ilyas Yacub No. 3 Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Training SAKTI Web Modul Penganggaran untuk Penyusunan RKAKL Tahun 2021

Dalam kegiatan Training SAKTI Web Penyusunan RKAKL Tahun 2021 secara daring yang diselenggarakan KPPN Painan pada Rabu, 15 Juli 2020 disebutkan ada hal baru dalam penyusunan RKAKL Tahun Anggaran 2021. Penyusunan RKAKL ini menggunakan rumusan Redesain Sistem Perencanaan dan Penganggaran dan Aplikasi SAKTI Web Modul Penganggaran.

Kepala KPPN Painan, Ibu Lita Qadarina Hardian menuturkan bahwa Pelaksanaan training SAKTI modul penganggaran untuk penyusunan RKAKL 2021 tahun ini adalah penyesuaian karena adanya Redesain Sistem Perencanaan dan Penganggaran (RSPP) yang dulunya dikenal istilah program, kegiatan, output komponen. Ada istilah baru tentang Klasifikasi Rincian Output (KRO) dan Rincian Output (RO). Penyusunan RKAKL 2021 agar lebih diterapkan sistem button up karena usulan RKAKL banyak yang ditentukan langsung dari Eselon I. Agar tepat sasaran, saat ini satker mulai menggunakan penyesuaian tentang RSPP.

Dalam pelaksanaan training tersebut dilakukan ujicoba/praktek penyusunan RKAKL melalui aplikasi SAKTI Web oleh pelaksana Bidang PPA I Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat, Harsya Saputra. Dalam penjelasannya, beliau menegaskan bahwa konsep penyusunan menggunakan SAKTI Web tidak jauh berbeda dengan aplikasi eksisting (RKAKL). Perbedaannya pada SAKTI Web terdapat pemilihan status history dan memerlukan persetujuan dari Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Satker. Proses penyusunan RKAKL diawali dengan penyusunan pagu indikatif untuk disetujui unit Eselon I masing-masing kemudian disahkan menjadi DIPA sebagai dasar pelaksanaan anggaran tahun 2021.  

Dengan training SAKTI ini, diharapkan satker mendapatkan gambaran penyusunan RKAKL SAKTI Web 2021 dan minimal sudah mendapatkan referensi dari eselon I.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search