Jl. Ilyas Yacub No. 3 Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Peran Masyarakat dalam Peningkatan Budaya Integritas di Lingkup KPPN Painan

Selasa, 5 September 2023 - KPPN Painan melaksanakan Sosialisasi Antikorupsi dengan mengangkat tema Peran Masyarakat dalam Peningkatan Budaya Integritas di Lingkungan Kemenkeu. Sosialisasi ini diadakan secara tatap muka di Aula KPPN Painan yang diikuti oleh rekanan pihak ketiga KPPN Painan.

Sosialisasi Antikorupsi ini dibuka dengan rangkaian berupa doa bersama dan menyampaikan tujuan diadakannya pertemuan, menyampaikan visi misi KPPN, dan mengingatkan para pegawai untuk selalu menjaga integritas dari Kepala KPPN Painan, Bapak Refenalria Azwar. Setelah itu dilanjutkan oleh pemaparan sosialisasi oleh Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal, Ibu Nurmailis dan kemudian promosi saluran pengaduan pada lingkup KPPN Painan dan Kementerian Keuangan oleh Ibu Novriyanti.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat mengerti dampak negatif dari gratifikasi bagi diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, mengetahui perbedaan antara jenis gratifikasi yang wajib dilaporkan dan yang tidak wajib dilaporkan, dengan penekanan pada pentingnya pelaporan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan tugas.  Dalam konteks ini, penting bagi semua pihak, termasuk masyarakat, untuk memahami perbedaan antara suap, pemerasan, dan gratifikasi serta untuk menggunakan saluran pengaduan resmi yang telah disediakan oleh Kementerian untuk melaporkan pelanggaran.

Dengan adanya sistem yang ketat dalam mengendalikan gratifikasi dan saluran pengaduan yang efektif, Kementerian Keuangan berkomitmen untuk meningkatkan integritas, pelayanan yang baik, dan penegakan hukum di lingkungannya. 

  

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search